5 Helikopter Anti-Kapal Selam Terbaik di Dunia

Helikopter anti-kapal selam atau Anti-Submarine Warfare (ASW) semakin berkembang di berbagai negara. Platfrom ini memang semakin dibutuhkan seiring kemajuan teknologi kapal selam di dunia.

Peran utama dari helikopter ini adalah untuk melindungi armada dari kapal selam musuh. Helikopter ini dilengkapi dengan sensor canggih dan dipersenjatai dengan rudal dan torpedo untuk melacak dan memburu kapal musuh.

Biasanya helikopter anti-kapal selam juga melakukan tugas anti-kapal permukaan serta pencarian dan penyelamatan.

Tentu banyak jenis helikopter yang menjalankan misi ini di berbagai belahan dunia. Kita akan membahas lima yang paling baik dengan didasarkan pada spesifikasi dan data yang ada di publik. Daftar ini tidak termasuk helikopter, yang saat ini dalam pengembangan atau pada tahap prototipe.

Inilah lima helikopter anti-kapal selam terbaik di dunia

MH-60R Seahawk

1. MH-60R Seahawk (Amerika Serikat)

 MH-60R Seahawk adalah helikopter multi misi yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat yang juga disebut Romeo. Helikopter ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari SH-60B Seahawk dan dibangun mulai tahun 1993.

Helikopter ini dirancang untuk menggabungkan fitur helikopter perang anti-kapal selam SH-60B dan SH-60F. Produksi awal tingkat rendah merupakan produksi ulang dengan bentuk SH-60Bs. Namun helikopter berikutnya dibangun dalam bentuk baru.

MH-60R pertama kali digunakan pada tahun 2009 dan saat ini helikopter ini digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (lebih dari 100 unit) dan Angkatan Laut Australia.

Misi utama dari MH-60R Seahawk adalah Anti-Submarine Warfare (ASW) dan Anti-Surface Warfare (ASuW). Helikopter ini bisa mendeteksi dan melacak kapal selam dan kapal permukaan serta menyerang dengan torpedo dan rudal.

Seahawk menggunakan sistem misi dan sensor canggih serta membawa airborne active sonar, multi-mode search radar atau radar pencarian multi-mode dan forward-looking infrared (FLIR) di bagian depan.

Radar pencarian multi-mode memiliki kemampuan deteksi dan diskresi periskop otomatis. Juga membawa sonobuoy yang diluncurkan dari udara. Namun suite detektor anomali magnetik telah dilepas. Data ditransfer melalui jalur data armada darat yang canggih.

MH-60R telah mengalami peningkatan kemampuan ofensif dibandingkan dengan SH-60B atau SH-60F. Helikopter ini memiliki sayap rintis dan dapat membawa dua torpedo Mk.46, Mk.50 atau Mk.54, dua rudal anti-kapal AGM-119B Penguin atau empat rudal udara ke darat AGM-114 Hellfire.

 2. AW101 (Italia / Inggris)

AugustaWestland AW101 dikembangkan bersama oleh perusahaan Inggris dan Italia. Sebelumnya itu dikenal sebagai Eurocopter EH101. Namun kemudian Augusta dan Westland Helicopters bergabung dan membentuk AugustaWestland.

Helikopter angkatan laut ini dirancang untuk menggantikan Sea King dan melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1987.  Helikopter telah beroperasi dengan sejumlah negara dengan beberapa dari mereka menyebut helikopter ini dengan nama Merlin.

AW101 adalah helikopter angkatan laut modern dengan dilengkapi  sonar Yukhoe dan sonobuoy. Namun sistem dan peralatan bervariasi dari masing-masing negara. Helikopter ini memiliki kekuatan dan kinerja untuk misi perang anti-kapal selam otonom.    Ada juga versi utilitas dari helikopter ini.

NEXT
Facebook Comments

Translate »