Tiga RPG Terbaik Rusia; Dari Bintang Hollywood Hingga Vampir

Rocket-Propelled Grenade (RPG) atau granat berpeluncur roket buatan Rusia bisa dibilang memiliki popularitas setara dengan senapan Kalashnikov dan telah menjadi salah satu senjata terbaik di dunia.

Senjata ini telah tersebar ke seluruh penjuru bumi. Mereka terlibat di banyak konflik berdarah di seluruh dunia. RPG memang menjadi senjata favorit bagi para milisi dan pemberontak.

RPG Rusia juga yang membawa pertempuran antara ‘lapis baja dan proyektil’ ke level baru.  Dan inilah tiga ‘pembunuh tank’ terbaik yang dimiliki Rusia.

rpg-7

RPG-7: Bintang Hollywood

RPG-7 Soviet merupakan karya pertama Biro Desain Bazalt yang populer di Afrika dan Asia, bahkan pernah menjadi ‘bintang’ dalam film Hollywood. Hal itu mengukuhkan posisinya sebagai RPG terbaik dari segi kualitas dan harga.

Peluncur granat ini terletak di pucuk kendaraan. RPG-7 diproduksi pada 1961, dan pada 1968 merupakan masalah utama yang dihadapi oleh tentara Amerika di Vietnam.

Muatan proyektilnya berkisar antara 40 hingga 150 mm, dengan sebuah roket di bagian belakang yang dapat meningkatkan jangkauan target 150-500 meter.

Sementara, hulu ledaknya bisa menembus lapis baja setebal 320 mm. Meski usia senjata ini sudah tergolong tua dan telah memiliki penerus, RPG-7 masih digunakan dalam konflik regional karena harganya murah dan banyaknya jumlah senjata yang diproduksi. Secara keseluruhan, Rusia telah memproduksi lebih dari sembilan juta RPG-7.

Mesiu modern PG-7VP memiliki muatan tandem, yang akan memberi umpan pada lapis baja reaktif milik tank dan kemudian menembus lapis baja tersebut.

NEXT
Facebook Comments