Kejar Target, Masa Kerja USS Nimitz Kemungkinan akan Diperpanjang

USS Nimitz CVN-68

Dengan usianya sekarang sudah 43 tahun, kapal induk USS Nimitz Angkatan Laut Amerika yang berbasis di Bremerton akan segera mendekati usia pensiun. Kapal induk bertenaga nuklir ini diperkirakan memiliki masa pakai selama 50 tahun.

Namun Angkatan Laut Amerika dihadapkan pada target besar untuk bisa memiliki 355 kapal hingga kemungkinan besar kapal induk tertua Amerika Serikat ini akan diperpanjang masa kerjanya.

Dalam National Defense Authorization Act 2019 Komte Layanan Armada Senat Amerika meminta Sekretaris Angkatan Laut Richard V. Spencer untuk mengeksplorasi opsi-opsi yang ada untuk memperpanjang masa pakai USS Nimitz  sebagai satu cara untuk membantu mencapai ukuran armada yang diinginkan.

Komite layanan bersenjata meminta penjelasan dari Sekretaris Angkatan Laut selambat-lambatnya pada Maret 2019, untuk merinci hal-hal khusus tentang perpanjangan hidup layanan kapal induk, termasuk perkiraan biaya untuk proyek dan apa yang diperlukan untuk memodernisasi komponen utama kapal.

Dalam rencana pembangunan 30 tahun kapal Angkatan Laut yang dirilis awal tahun ini, Angkatan Laut menyerukan ukuran armada diperbesar untuk menyertakan 12 kapal induk untuk lebih memenuhi kebutuhan tujuan keamanan jangka panjang dan persyaratan misi masa depan.

Angkatan Laut saat ini  memiliki 11 kapal induk tugas aktif yang terdiri dari 10 kapal induk Kelas Nimitz dan kapal pertama kelas For, USS Gerald R. Ford, yang ditugaskan pada bulan Juli 2017.

Ketika USS John F. Kennedy, kapal induk kelas Ford yang saat ini sedang dibangun, bergabung dengan armada pada tahun 2023, jumlah itu akan melonjak ke tingkat 12 kapal induk yang diinginkan.

Namun, itu mungkin berumur pendek. “Dengan pengiriman USS John F. Kennedy (CVN 79) pada tahun 2023, Angkatan Laut akan mencapai target memiliki 12 kapal induk tetapi akan dengan cepat kehilangan kapasitas keseluruhan setelah USS Nimitz (CVN 68) pensiun pada tahun fiskal 2023,” kata Komte Layanan Armada Senat.

Untuk mencapai dan mempertahankan jumlah kapal induk yang diinginkan, Komite menilai Angkatan Laut akan harus mencari cara untuk mempercepat pembangunan kapal induk kelas Ford di masa depan, membeli kapal induk tambahan, atau menemukan cara untuk menjaga Nimitz tetap di laut.

Nimitz telah secara resmi ditempatkan di  Bremerton sejak 2015, seteah dirotasi dari Naval Station Everett.

Kapal induk ini dijadwalkan untuk tinggal di Bremerton sampai setidaknya tahun depan, sampai Angkatan Laut memutuskan apakah dia akan tetap dipertahankan di di Bremerton atau dikirim kembali ke Everett.

Facebook Comments

Translate »