Lima Hal Yang Membuat Kapal Induk Amerika Sulit untuk Dikalahkan

Defense.gov

3. Tidak Beroperasi Sendiri

Kapal induk Amerika tidak beroperasi sendiri. Mereka biasanya disebarkan sebagai bagian dari kelompok tempur kapal induk yang mencakup beberapa kapal perang rudal yang dilengkapi dengan sistem tempur Aegis.

Aegis adalah sistem pertahanan udara dan rudal paling canggih di dunia, yang mampu mengalahkan setiap ancaman termasuk rudal balistik.

Kelompok tempur ini juga memiliki sistem ofensif dan defensif utuk melawan kapapl selam,  kapal permukaan dan ranjau, atau serangan sensor musuh yang diperlukan untuk memandu menyerang rudal.

Dikombinasikan dengan sayap udara kapal induk, kapal perang ini dapat dengan cepat akan mampu melawan sistem musuh yang digunakan untuk melacak kelompok tempur.

Selain itu kelompok tempur juga biasanya dilengkapi dengan kapal selam serang yang sangat berbahaya baik untuk memburu kapal selam atau membunuh kapal permukaan musuh.

 

Kapal Induk USS Eisenhower
Kapal Induk USS Eisenhower

4. Taktik

Taktik angkatan laut akan memaksimalkan survivability. Meskipun kapal induk AS dilindungi sistem senjata paling ampuh, perisai pertahanan berlapis-lapis, hal yang tidak kalah penting adalah taktik operasional mereka telah berevolusi untuk meminimalkan risiko.

Salah satunya adalah kapal induk umumnya tidak akan beroperasi di daerah di mana ranjau mungkin telah diletakkan sampai daerah telah sepenuhnya telah dibersihkan. Kapal induk juga akan cenderung untuk tinggal di laut terbuka daripada memasuki daerah terbatas yang memiliki ancaman tinggi.

Kapal ini akan terus bergerak untuk mempersulit penargetan musuh. Mereka juga menggunakan link ke aset bersama lainnya dari pangkalan laut hingga satelit untuk terus meningkatkan kesadaran situasional.

Sebuah F / A-18C Hornet lepas landas dari dek penerbangan kapal induk USS Dwight D. Eisenhower di Teluk Persia, 24 November 2016 untuk melakukan misi serangan ke ISIS/ Navy photo by Petty Officer 3rd Class Nathan T. Beard
Sebuah F / A-18C Hornet lepas landas dari dek penerbangan kapal induk USS Dwight D. Eisenhower/US Navy

5. Teknologi Baru

Meskipun ada banyak spekulasi tentang ancaman terhadap kapal induk terus berkembang, Angkatan Laut Amerika juga telah berinvestasi besar dalam teknologi ofensif dan defensif baru yang bertujuan untuk melawan ancaaman tersebut.

Kemajuan paling penting dalam beberapa tahun terakhir adalah masuknya seluruh aset angkatan laut dalam jaringan sehingga sensor dan senjata dapat digunakan untuk efek maksimum.

Penemuan seperti Naval Integrated Fire Control – Counter Air akan menjadikan setiap sistem tempur tersedia dengan  cepat yang sulit ditembus musuh. Banyak kemajuan lainnya sedang diperkenalkan, dari kemampuan pengintaian untuk melacak pesawat siluman sampai obscurants canggih guna membingungkan sistem bimbingan rudal lawan.

Intinya kapal induk masih akan terus bertahan hidup dan masih akan sangat sulit bagi siapapun untuk bisa meneggelamkannya. Bahkan nyaris tidak mungkin.

Facebook Comments

Translate »