For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Setelah 50 Tahun Kecelakaan Jet Tempur AS Ini Tetap Jadi Misteri

Jet tempur XS894

Sudah hampir 50 tahun sejak sebuah jet tempur Amerika jatuh di pantai Inggris, misteri dan teori konspirasi masih terus menyelimuti hingga hari ini.

Kesimpulan resmi dari kejadian tersebut hanyalah sebatas kecelakaan tragis yang membuat pesawat yang diujicobakan pilot Angkatan Udara Amerika Kapten William Schaffner tersebut jatuh.

Namun berbagai fakta dan laporan penampakan aneh di langit memicu intrik dan misteri – dan spekulasi bahwa jet tempur XS894 itu ditembak jatuh oleh UFO. Satu misteri lagi yang tidak terpecahkan adalah mayat pilot yang tidak pernah ditemukan meski kanopi pesawat dalam keadaan tertutup rapat. Kapten Schaffner tidak pernah ditemukan, tapi dia dinyatakan meninggal.

Dari Pangkalan RAF Binbrook, Lincolnshire,  pilot berusia 28 tahun itu take off ke langit Grimsby pada 8 September 1970 malam dan mengarah ke Laut Utara dalam perjalanannya ke  Flamborough.

Namun pesawat tersebut jatuh ke laut lima mil di selatan Flamborough sekitar pukul 10.30 malam, memicu operasi pencarian dan penyelamatan udara dan laut.

Pada 7 Oktober 1970, terungkap bahwa pesawat tersebut telah ditemukan oleh penyelam Royal Navy yang ada di HMS Kedleston, namun pencarian mereka masih belum memberikan jawaban dan mereka kembali dengan tangan hampa. Tubuh pilot masih hilang dan pesawat tetap dibariakn di dasar laut.

Butuh waktu sampai bulan Desember tahun itu untuk bisa mengangkat pesawat ke permukaan. Dan yang mengejutkan semua orang kanopi di kokpit tertutup rapat tetapi dalam keadaan kosong. Pilot Amerika masih hilang dan rumor segera mulai beredar.

Pada bulan Oktober 1992,  Grimsby Telegraph mulai menerbitkan serangkaian artikel yang ditulis oleh Pat Otter, dengan insiden yang digambarkan sebagai The Riddle of Foxtrot 94.

Pat Otter mengklaim bahwa bukti baru telah muncul dan alasan sebenarnya di balik jatuhnya serta hilangnya pilot karena penyebab yang datang dari luar bumi. Otter mengklaim bukti baru tersebut menunjukkan keterlibatan UFO di wilayah tersebut.

Dia mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya, mengklaim bahwa mereka telah melihat benda tak dikenal di Grimsby, Cleethorpes, Scunthorpe, Hull, Humber, sampai ke pantai ke Flamborough dan sekitarnya.

Kapten Schaffner selama periode ini bertugas Quick Reaction Alert dan dikirim untuk menyelidiki keributan di radar.

Satu laporan surat kabar menyatakan bahwa pilot tersebut melaporkan melihat kerucut terbang dan bola transparan yang terbang di sekitar pesawatnya, menyebabkan peralatannya mengalami kerusakan.

Angkatan Udara Amerika, yang ditempatkan di Inggris pada puncak Perang Dingin, memerintahkan pesawat nuklir mereka untuk lepas landas dan bergabung dalam pencarian.

Laporan surat kabar lebih lanjut menyatakan bahwa semua investigasi telah membentur dinding keras yang memunculkan alasan sebenarnya di balik kecelakaan itu ditutup-tutupi.

Cerita itu kemudian secara perlahan menghilang meski sem[at ada beberapa laporan yang dibuat oleh penyelidik UFO, seperti Tony Dodd, yang menulis tentang kejadian di salah satu bukunya, dan Bruce Barrymore Halpenny, yang melaporkan kejadian tersebut di salah satu bukunya yang berjudul Ghost Stations.

Kemudian pada  Juli 1994, Grimsby Telegraph menampilkan sebuah artikel tentang banyaknya penampakan UFO yang diduga terjadi di wilayah tersebut pada tahun 1970.

Diklaim bahwa UFO telah terlihat di Grimsby, terutama di atas dermaga, di atas Humber, di atas Scunthorpe, Lincolnshire, di seberang Hull, dan sepanjang pesisir pantai.

Salah satu penampakan terjadi di Cleethorpes Pier, dan diklaim sebagai operasi top secret Anglo-Amerika  yang dikenal sebagai Operation Aeneid. Operasi ini – diluncurkan untuk melacak, memotret, dan memastikan apa yang telah terjadi.

Sepanjang Agustus 1994, banyak artikel muncul di Grimsby Telegraph tentang penampakan ini, dengan berita utama mengklaim bahwa operator radar telah dipanggil untuk melihat pesawat itu.

Ada laporan bahwa pesawat tak dikenal itu mengepung armada jet Phantom dan terjadi kejar-kejaran seperti seekor kucing dan tikus hingga mengakibatkan kematian Kapten Schaffner.

Saksi mata lainnya menceritakan kisah mereka, termasuk sebuah tim di RAF Binbrook yang mengatakan bahwa tugas mereka untuk menyelidiki kecelakaan tersebut namun mengklaim bahwa berbagai instrumen telah lenyap.

Salah satu dari dua transkripsi audio yang diambil dari malam itu mengungkapkan bahwa pilot tersebut telah menggambarkan pesawat aneh ini.

Pada tahun 2002, putra Kapten William Schaffner, Mike dan Glenn, meluncurkan usaha untuk melihat file-file resmi. Akhirnya file-file tersebut dideklasifikasi dan mereka menunjukkan bahwa kejadian tersebut adalah sebuah kecelakaan  dengan sebuah penjelasan yang masuk akal, bahkan mengatakan bahwa kanopi tertutup karena cairan hidrolik mengompres saat menjadi dingin, karena berada di lantai. Laut Utara.

Terobosan lain dalam kasus ini terjadi dalam beberapa tahun terakhir ketika Arsip Nasional mendeklasifikasi ratusan file yang berisi ribuan halaman.

Di antaranya adalah sejumlah file menarik, termasuk Defe-24-2039-1-1 dan Defe-24-2027-1-1, keduanya berisi banyak halaman tentang kejadian tersebut.

File-file ini, sementara disimpan dalam arsip UFO Arsip Nasional, tampak menunjukkan bahwa insiden tersebut merupakan kecelakaan tragis yang menewaskan Kapten Schaffner. Meski begitu, misteri terus ini menarik perhatian dan teori konspirasi.

Facebook Comments