10 Rudal Paling Menghancurkan di Muka Bumi

9. JL-2 (China)

JL-2 adalah rudal balistik kapal selam buatan China yang baru diluncurkan. Ini adalah varian angkatan laut dari ICBM berbasis darat DF-31. Rudal pertama kali digunakan pada tahun 2015 dan dibawa oleh kapal selam kelas Jin.

Untuk pertama kalinya China memiliki kemampuan serangan nuklir berbasis kapal selam yang kredibel. Satu-satunya kapal kelas Xia sebelumnya yang membawa rudal jarak dekat JL-1 memiliki nilai strategis yang tidak sedikit.

Diperkirakan rudal JL-2  memiliki jangkauan 7.400 – 8 000 km. Rentang ini cukup untuk menjangkau seluruh wilayah Eropa, India, Rusia, dan sebagian besar wilayah Amerika Serikat. Rudal membawa hulu ledak tunggal 250-1 000 kT, atau sampai 3-4 MIRV masing-masing dengan 90 kT.

Sistem navigasi astro-inersia rudal ini dengan sistem navigasi satelit BeiDou  China dengan akurasi diperkirakan kurang dari 100 meter. Setiap kapal selam kelas Jin membawa 12 rudal ini dan sampai 2016 China mengoperasikan empat dari kapal selam rudal balistik ini.

Rudal berbasis kapal selam ini memiliki probabilitas tinggi untuk bertahan dari serangan pretama. Begitu siaga tinggi, kapal selam ini bisa meninggalkan pangkalan mereka dan beroperasi di perairan pesisir China, dilindungi oleh armada China.

Namun kapal selam kelas Jin masih ada di bawah kemampuan kapal selam rudal balistik Amerika, Rusia dan Eropa. Kapal selam ini tidak sesenyap kapal selam Barat dan Rusia yang ada saat ini. Kapal selam ini sama ributnya dengan kapal selam Kelas Delta Rusia, yang diadopsi pada pertengahan tahun 1970an. Saat ini kapal selam rudal balistik baru sedang dikembangkan di China.

NEXT
Facebook Comments

Translate »