For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Begini Cara Rusia Memberi Nama Senjata Buatannya

Su-35

Setelah membahas makna kode huruf pada pesawat militer Amerika, biar adil, kita juga bahas di Rusia. Tetapi kali ini tidak hanya nama pesawat, tetapi bagaimana Rusia memberi nama senjata buatannya.

Setiap senjata punya nama. Setiap nama punya makna dan asal-usulnya. Dan mungkin sebagian belum paham kenapa nama senjata-senjata Rusia bisa tercipta. Kenapa namanya harus Su-27? T-14 atau pelontar rudal Chrysanthemum?

Berikut kita kupas tentang cara pemberian nama senjata di Rusia di berbagai jenis senjata

Su-27 Flanker
Su-27 Flanker

1. Nama Pesawat

Secara historis, pesawat Rusia dinamai pencipta mereka, atau lebih tepatnya biro desain di mana mereka dikembangkan, dengan angka yang menunjukkan nomor pembangunan.

Selain itu, angka ganjil biasanya dikeluarkan untuk jet tempur, pesawat serangan dan pencegat, meskipun ada pengecualian untuk aturan ini – bomber Tupolev Tu-95 atau pesawat kargo Antonov An-125.

Jika kita mengambil Su-27 sebagai contoh, “Su” adalah nama disingkat dari biro desain yang dikembangkan pesawat – Sukhoi – dan 27 adalah jumlah pembangunan.

Seringkali nomor tersebut diikuti oleh huruf. Pertama datang huruf “S”, yang menunjukkan bahwa pesawat adalah produk serial. Kemudian, pengembangan pesawat selanjutnya menerima huruf “M”, yang berarti “modernisasi.”

Huruf ini kemudian dapat diikuti dengan nomor seri modernisasi. Misalnya, Su-27SM3. Kemudian kadang-kadang ada huruf “K”, yang merupakan singkatan dari “komersial,” yang berarti produk tersebut diekspor. Huruf “UB” berarti “pelatihan tempur” (uchebno-boevoi) dan “P” berarti pesawat itu adalah versi pencegat (perekhvatchik).

Selanjutnya jika muncul sebuah pembom atau pesawat tempur dengan kemampuan tempur yang secara fundamental baru maka namanya dibuat berdasarkan pesawat yang sudah ada sebelumnya tetapi dengan angka yang berubah.

Misalnya pembom yang dibuat dari model Su-27 maka dia kemudian diberi nama Su-34. Atau pesawat generasi 4 ++ yang merupakan pengembangan mendalam dari Su-27 kemudian muncul dengan nama nama Su-35.

 NEXT: NAMA KENDARAAN LAPIS BAJA

Facebook Comments