For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Bagaimana Guam Bisa Jadi Milik Amerika?

Guam

Wilayah kecil milik Amerika Serikat di  Pasifik ini pun kini menjadi perhatian banyak orang di dunia. Kenapa Guam begitu penting hingga Korea menjadikannya target serangan? Kenapa Guam bisa menjadi milik Amerika? Siapa penduduk asli pulau ini dan sejak kapan dihun? Mari kita lihat

Posisi Geografis

Strip tanah di Samudra Pasifik bagian barat ini kira-kira seukuran Kota Chicago Amerika dengan  lebarnya hanya 4 mil (6 km) pada titik tersempitnya. Jaraknya sekitar 2.200 mil (3.500 km) tenggara Korea Utara, lebih dekat daripada wialayah Amerika Serikat manapun. Hawaii berjarak sekitar 4.000 mil (6.500 km) ke barat.

Kedekatannya dengan China, Jepang, Filipina, dan Semenanjung Korea telah lama membuat pulau itu menjadi milik militer Amerika ini menjagi sangat strategis.

Pangkalan Udara Andersen Guam

Direbut dari Spanyol, Dikuasai Jepang

Guam diklaim oleh Spanyol pada tahun 1565 dan menjadi wilayah Amerika  pada tahun 1898 selama Perang Spanyol-Amerika. Jepang sempat merebutnya selama sekitar 2½ tahun selama Perang Dunia II.

Pada tahun 1950, sebuah tindakan Kongres menjadikannya sebuah wilayah yang tidak berhubungan dengan Amerika Serikat. Wilayah ini memiliki pemerintahan sendiri yang terbatas, dengan dipimpin seorang gubernur, lembaga legislatif kecil, dan delegasi yang tidak memilih di Dewan Perwakilan Rakyat Amerika.  Warga tidak membayar pajak penghasilan Amerika  atau memberikan suara dalam pemilihan umum untuk presiden Amerika.  Penduduk pribumi adalah warga Amerika.

Pangkalan Udara Andersen Guam

Sejarah Militer

Amerika  mempertahankan pangkalan Angkatan Laut dan Coast Guard di selatan, dan pangkalan Angkatan Udara di utara yang sangat berperan   selama Perang Vietnam. Meski sudah menguasai 30 persen pulau tersebut, militer Amerika telah berusaha untuk meningkatkan kehadirannya dengan memindah ribuan Marinir yang saat ini berbasis di Okinawa, Jepang ke Guam.

Wilayah ini dilindungi oleh sistem pretahanan rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD)  yang digunakan untuk menembak jatuh rudal balistik.

Bulan lalu, Amerika  . dua kali menerbangkan sepasang pembom supersonik yang berangkat dari Guam melewati Semenanjung Korea dalam sebuah unjuk kekuatan setelah dua tes rudal balistik antarbenua Korea Utara. Meskipun ada beberapa hambatan dan ketidaksenangan dari orang-orang Guam atas kehadiran militer Amerika, hal ini juga penting bagi ekonomi pulau ini. Militer menjadi sumber ekonomi kedua setelah  pariwisata.

Wisatawan Jepang di Guam

Penduduk dan Pemerintah

Pulau ini pertama kali dihuni sekitar 4.000 tahun yang lalu oleh nenek moyang Chamorros yang masih merupakan kelompok etnik terbesar di pulau ini. Sekarang, sekitar 160.000 orang tinggal di Guam.

Ibukotanya adalah Hagatna dan kota terbesarnya adalah Dededo. Bahasa utamanya adalah bahasa Inggris dan Chamorro.

Wilayah ini telah melihat berbagai gerakan populer yang mendorong pemerintahan mandiri atau bahkan hak kewarganegaraan Amerika   yang lebih besar. Yang paling signifikan namun gagal terjadi pada tahun 1980an untuk menjadikannya persemakmuran setara dengan Puerto Riko.

Baca juga:

Dari Guam, 6 Negara Membangun Operasi Bersama

Facebook Comments