Type XXI, Kapal Selam Paling Canggih dan Paling Sial Milik Nazi

Masalah lain adalah terlalu menekankan pada keajaiban senjata dan melupakan  perhatian pada usaha perang praktis. Dalam hal baja yang dibutuhkan untuk proyek ini saja  menghabiskan jumlah setara dengan sekitar lima ribu tank, sebuah figur yang sangat penting, dan dapat dikatakan telah mempercepat kekalahan Jerman di Front Timur.

Mentalitas ini termasuk “penyakit” dalam perencanaan perang Jerman. Dari roket V1 dan V2, tank super berat Tiger II dan jet tempur, Jerman membangun senjata radikal  akan gagal mengubah arus  kekalahan  yang disebabkan oleh kelemahan ekonomi, politik dan teknologi yang lebih besar.

Saat perang berbalik melawan Berlin, komandan Nazi mempercepat pengembangan senjata baru, yang mengalihkan perhatian dari daerah lain. Kemudian perang memburuk, mempercepat pengembangan senjata baru lebih jauh lagi dalam lingkaran setan yang sesat.

Namun, Type XXI tetap bertahan sampai Perang Dingin. Beberapa digunakan untuk latihan target. Yang lainnya ditangkap dan ditugaskan ke angkatan laut Soviet dan Perancis. Satu-satunya kapal yang masih ada di kelasnya saat ini adalah Wilhelm Bauer, yang angkatan laut Jerman modern diubah menjadi kapal penelitian.

Tapi bagaimanapun Type XXI menyediakan beberapa pelajaran tentang bagaimana teknologi meski itu penting dia tidak bisa sendirian memenangkan perang. Ini juga merupakan pelajaran tentang bagaimana pencarian fanatik senjata maju dapat membuat memenangkan perang  jauh lebih sulit.

Facebook Comments