For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Mau Bikin Bom Hidrogen? Begini Caranya

Ilustrasi

Korea Utara kembali mengatakan telah mengembangkan bom hidrogen  berkekuatan sangat merusak.  Sebenarnya ini bukan klaim pertama. Pada 6 Januari 2015 Utara Korea meledakkan apa yang dikatakan sebagai sebuah bom hidrogen.

Sebuah bom yang mengeksploitasi fusi nuklir bukannya fisi nuklir yang mengakibatkan ledakan besar. Pasti banyak yang bertanya, termasuk saya, tentang apa bedanya dan bagaimana cara membuat bom hidrogen?

Dan di Youtube ternyata ada video super rahasia yang mengupas tentang bagaiman cara membuatbom hidrogen dengan kekuatan ledakan lebih dari satu megaton TNT. Jangan-jangan dengan video ini orang bisa membuat bom hidrogen di halaman belakang rumahnya?

Tidak! jangan khawatir. Video ini tidak benar-benar memberikan informasi atau panduan rinci tahap demi tahap membangun sebuah bom mematikan. Video ini hanya memuat berbagai informasi yang sudah ada di ruang publik selama ini.

Kalaupun kemudian Anda bisa membuat Anda selangkah lebih dekat untuk mereplikasi perangkat seperti video yang diunggah Ivy Mike ini, Anda juga masih memerlukan lebih banyak lagi langkah yang jauh lebih rumit dan sulit.

Lupakan saja untuk bisa mendapatkan plutonium yang diperlukan untuk membuat bom ini. Anda juga akan membutuhkan sejumlah besar alat berat dan khusus, beberapa skema yang lebih rinci dari sekedar diagram dasar yang bisa kita lihat di sini, dan juga, Anda akan perlu semacam cara untuk mengetahui bagaimana untuk membuat Fogbank.

Apa itu Fogbank? Akan menjadi neraka jika saya tahu, atau jika ada yang benar-benar tahu. Ini dikabarkan sebagai bahan unobtainum-ish aerogel material yang sangat misterius yang bahkan pemerintah AS, orang-orang yang menciptakannya, lupa bagaimana cara membuatnya.

Jadi akhirnya membuat bom hidrogen memang amat sangat rumit. Dan  jika Korea Utara benar bisa melakukannya, ini adalah sebuah langkah besar bagi mereka yang juga langkah besar bagi keamanan dunia.

Sumber: foxtrot alpha

Facebook Comments