Mampukah India Menangani Nuklir Pakistan?

Sistem Pertahanan Rudal Balistik

Secara teori, ketika dua kekuatan nuklir pergi berperang, mereka mengundang “kehancuran yang ditanggung bersama”. Jika anda menekan, Anda juga akan terluka. Untuk melindungi wilayah dari teror nuklir, rudal pencegat dikembangkan untuk melawan rudal balistik yang membawa muatan nuklir.

Mereka menetralisir rudal balistik ketika dalam perjalanan ke tujuan, membuat hulu ledak nuklir tidak efektif. Sistem pertahanan rudal balistik adalah paket radar militer canggih, sebuah pusat komando dan kontrol dan berbagai rudal.

Setelah usaha terus menerus selama hampir satu dekade, India menjadi negara keempat yang memiliki teknologi yang sangat eksklusif ini.

Perkembangan rudal pencegat Pradyumna dan Ashwin India, didukung oleh Radar Swordfish terus membaik dan dilihat oleh Islamabad akan “mengganggu keseimbangan strategis”.

Mengingat 50% kemungkinan menetralisir rudal balistik masuk yang akhirnya akan menjadikan setengah dari rudal Pakistan tidak akan efektif.

Seperti kapal selam balistik, teknologi ini masih di luar jangkauan Pakistan baik secara finansial ataupun kemampuan untuk mengembangkan sendiri.

Kesimpulannya, peningkatan arsenal nuklir Pakistan memang tetap harus diwaspadai. Tetapi mengingat kurangnya kapasitas dalam perang nuklir penuh, Pakistan masih harus bekerja keras jika ingin membuat India tidak bisa tidur nyenyak.

 

Facebook Comments