Mampukah India Menangani Nuklir Pakistan?

Triad Nuklir

Triad nuklir didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengirimkan hulu ledak nuklir strategis atau taktis melalui udara, darat dan laut. Ini berarti bahwa sebuah negara harus memiliki jet bomber strategis, rudal balistik antarbenua (ICBM) dan kapal selam balistik.

Memiliki tiga kekuatan ini memastikan bahwa negara itu dapat meluncurkan nuklir ke wilayah musuh dengan menjatuhkannya dari langit,  meluncurkan dari darat dan dari kapal selam balistik di laut.

India memiliki kemampuan ini. Dassault Mirage 2000H, Sukhoi Su-30 MKI, MiG 29, dan SEPECAT Jaguar semua mampu membawa dan menembakkan hulu ledak nuklir ke wilayah musuh.

India memiliki hampir 10 kali lipat jumlah kendaraan udara yang mampu memberikan muatan nuklir dibandingkan Pakistan yang memiliki 50 armada pesawat pembom tempur bermesin tunggal JF-17 Thunder dan F-16 Amerika.

Dengan diam-diam nermitra dengan China dan Korea Utara, Pakistan telah mengakuisisi cukup pengetahuan teknis untuk membangun berbagai rudal berbahan bakar solid dan cair.

Sebuah penilaian strategis menyebutkan rudal seri Shaheen  akan mampu mencapai jarak 2.500km) dan seri Nasr hingga kisaran 60km. Dengan jarak menengah terbukti rudal Shaheen-III yang dapat melintasi 2.750km dan basis tembak ada di utara di Peshawar, secara teoritis, Pakistan masih mampu mengirimkan hulu ledak ke ujung Kanyakumari.

Namun, kehilangan pangkalan dalam serangan balasan dari India, Pakistan kemudian tidak akan memiliki banyak pilihan. India, di sisi lain, memiliki rudal permukaan ke permukaan Agni-II dan Agni-III yang memiliki rentang hampir 5000km, dan Agni-V mulai hampir 8.000 km. Hal ini memberikan India keunggulan yang jelas dan kebebasan untuk menargetkan dari dasar yang sangat jauh.

Di laut, Pakistan tidak mampu imbang dengan India. Dengan kapal selam nuklir rudal balistik INS Arihant yang dapat membawa 12 rudal nuklir K-15 dan K-4  dengan kisaran diperkirakan 3.500km, serta INS Aridhaman yang sedang dalam pengembangan, angkatan laut India lebih pas jika dibandingkan dengan, China atau bahkan AS dan Rusia.

Angkatan Laut Pakistan telah memasukkan Komando Pasukan Strategis Angkatan Laut yang bertanggung jawab untuk menjaga pengiriman nuklir dari laut. Namun, kenyataannya adalah bahwa Pakistan tidak memiliki sumber daya moneter untuk mendapatkan kapal selam balistik maupun keahlian teknis untuk mengembangkan di dalam negeri. Hal ini jelas bahwa triad pengiriman Pakistan ada di bawah India.

2. KEMAMPUAN SERANGAN KEDUA
Facebook Comments