Mampukah India Menangani Nuklir Pakistan?

Arihant
Arihant

Kemampuan Serangan Kedua

India menyatakan memegang kebijakan tidak menggunakan senjata nuklir pertama yang berarti bahwa senjata itu hanya akan digunakan sebagai respons terhadap lawan  yang menggunakan senjata serupa.

Sementara Pakistan menggunakan kebijakan pre-emptive atau serangan pertama melawan agresi konvensional India. Dalam kasus peluncuran pre-emptive, Pakistan memiliki dua pilihan yakni melakukan serangan penangkis yang dimaksudkan untuk menghancurkan aset militer (termasuk pangkalan darat yang mampu meluncurkan rudal nuklir) atau counter strike dengan menargetkan kota dan menimbulkan korban sipil yang besar.

Jika Pakistan memilih untuk pilihan pertama, India masih dapat terlibat dalam perang nuklir dengan kekuatan alternatif, terutama dari laut. Dalam kasus adegan terakhir, jalan multipronged India akan memaksa Pakistan menyerah.

Tetapi kemungkinan prioritas pertama India adalah memusnahkan repositori dan pangkalan militer musuh. Ini akan meninggalkan Pakistan tidak ada pilihan lain selain menggunakan hulu ledak taktis kecil (di kisaran sub-kiloton) yang tidak akan menjadi perhatian besar bagi India dibandingkan dengan hulu ledak strategis yang lebih besar.

Dengan pilihan pengiriman sangat terbatas, Pakistan tidak akan mampu mempertahankan pencegahan minimum strategis melawan negara manapun, apalagi India.

Kurangnya kemampuan serangan kedua kedua atau kapasitas membalas untuk melawan serangan setelah kehilangan basis utama – adalah kemampuan yang sulit untuk Pakistan.

Sementara mantan Menteri Pertahanan Pakistan, Letnan Jenderal Lodhi pernah membual memiliki kemampuan serangan kedua terhadap India. Tetapi pernyataannya disambut dengan skeptis bahkan oleh media Pakistan dan intelijen militer mereka.

Melihat kemampuan penting dari India di Samudera Hindia, Pakistan terpaksa untuk mengetuk pintu UNGA untuk menyatakan Samudera Hindia sebagai zona bebas nuklir dengan kedok keamanan maritim.

Dua hal yang jelas digunakan untuk menutup kekhawatiran Pakistan yang telah mengakui ketidakmampuannya untuk bisa mengimbangi India terutama di kekuatan laut.

3. SISTEM PERTAHANAN RUDAL BALISTIK
Facebook Comments