For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kapal Induk AS vs Jepang Era Perang Dunia II; Pertempuran Dua Raksasa

USS Ranger (CV-4)

Perang Pasifik yang berlangsung  7 Desember 1941 sampai 2 September 1945 antara Angkatan Laut Kekaisaran Jepang (IJN) dan Angkatan Laut Amerika Serikat (USN) sangat terkenal terutama katena keterlibatan kapal induk.

Perang tersebut menunjukkan  keseimbangan kapal induk  menentukan nasib konflik. Selama enam bulan pertama Perang Pasifik, IJN mendatangkan malapetaka di barat daya Pasifik dan Samudera Hindia.

Tetapi setelah Pertempuran Midway pada Juni 1942, Jepang kehilangan inisiatif di Pasifik dan dipaksa untuk mengambil posisi defensif. Pada Pertempuran Midway, USN mendatangkan pukulan penting untuk IJN dengan menenggelamkan empat armada kapal induk.

Kapal Induk Jepang Hiryū rusak parah di Midway
Kapal Induk Jepang Hiryū rusak parah di Midway

Dari titik ini dan seterusnya, Amerika mengambil inisiatif dan mulai menggenjot kekuatan kapal induk  mereka. Namun, sebelum perang, baik angkatan laut percaya bahwa hasil dari konflik akan diputuskan oleh bentrokan kapal perang raksasa.

Bahkan, peran dan kemampuan kapal induk masih diragukan. Munculnya kapal induk dalam mendukung battlewagons tua yang sudah  terbukti menjadi masalah yang rumit untuk mengelola.

Next: Pengembangan Kapal Induk
Facebook Comments