For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kelas Kilo China Belum Berhenti Berevolusi

Type 39B/41 Kelas Yuan
Type 39B/41 Kelas Yuan

Type39A dengan cepat berkembang dan memunculkan  Type39B.  Evolusi terus dilakukan  dan sekarang ada 13 kapal selam Type41 Kelas Yuan  dengan  empat atau minimal tiga model yang berbeda. Model terbaru muncul dengan memiliki Air Independent Propulsion (AIP) bersama dengan elektronik baru dan perbaikan internal lainnya.

Evolusi  cepat dari Type 39  menjadi contoh lain dari China mengadaptasi teknologi kapal selam Rusia dengan  ide-ide desain dan teknologi baru China. China telah melakukan ini selama  membangun kapal selam  sejak 1960-an.

Tetapi versi terbaru dari desain Type 41 menunjukkan insinyur angkatan laut China semakin  kreatif. Yuan dimaksudkan untuk memiliki AIP yang akan memungkinkan mereka untuk beroperasi di bawah air lebih lama.

Song masih terlihat banyak kesamaan dengan  kelas Kilo Rusia dan Type 39 serta 41 juga masih memiliki kemiripan. Namun Type41 terbaru terlihat lebih besar dibandingkan Type. Keduanya diawaki  60-70 pelaut dan dilengkapi enam tabung torpedo. Hal ini sangat mirip dengan Kelas Kilo (yang sedikit lebih besar).

China mulai memesan Kapal Selam Kelas  Kilo Rusia di akhir 1990-an. Dua Type41 pertama kali muncul menjadi salinan dari model awal Kilo (model 877), sedangkan sepasang Type41 kedua muncul untuk menyalin Kilo akhir (model 636).

Yuan terbaru masih muncul seperti Kilo tapi mungkin menjadi bagian dari evolusi ke kapal selam yang  mirip dengan penerus Kilo Rusia yakni Kelas Lada. Type 39  China pertama  memiliki lambung teardrop shaped.

Type 41 dianggap hanya sebuah Song  ditingkatkan tetapi ketika diteliti  lebih dekat, terutama oleh Rusia, itu tampak seperti tiruan dari Kilo. Rusia sekarang percaya bahwa seluruh proyek Song/ Yuan merupakan bagian dari rencana jangka panjang untuk  menyalin Kilo. Jika itu terjadi, tampaknya akan berhasil.

Next: Tawarkan “Improved Kilo” ke Luar Negeri
Facebook Comments