For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Makin Rumit, Begini Gambaran Perang Kapal Selam Abad 21

Kapal Selam Nulkir Kelas Borei Rusia/Sputnik

Ketika Perang Dingin kembali  memanas, perang kapal selam akan datang kembali. Swedia beberapa kali mengaku memburu kapal selam misterius yang diduga milik Rusia.

Sementara kapal selam China bersiao untuk pergi ke Pasifik, menempatkan pantai barat AS dalam jangkauan rudal nuklir mereka.

Dan kapal laut Amerika, kelompok kapal induk, kini terancam oleh kapal selam yang tenang penuh dengan ranjau laut dan rudal kapal pembunuh oleh kapal selam kecil yang dioperasikan oleh Korea Utara, Iran, dan China.

INS Sindhudhvaj (S56)

Ya, peperangan kapal selam telah kembali menjadi bagian penting dari permadani keamanan nasional. Tetapi tentu saja apa yang terjadi tidak bisa digambarkan lagi seperti apa yang terjadi dalam Film The Hunt For Red October.

Harus dipahami telah banyak perubahan selama beberapa dekade terakhir. Seni perang anti-kapal selam atau anti-submarine warfare (ASW)  telah berbeda jauh dari era Perang Dingin. Meski di lapangan tentu sering tidak akan sesuai rencana.

Berikut adalah beberapa alat baru Angkatan Laut AS akan digunakan untuk mendominasi di bawah gelombang.

Diambil Amerika agar lebih memudahkan saja. Bahwa sistem semacam ini juga digunakan oleh negara lain saat ini.

1. Sonar

Facebook Comments