For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Senjata Super Yang Tak Pernah Maju Perang

Ekranoplan ‘Caspian Monster’

Caspian Monster

Selama Perang Dingin, militer Soviet berusaha mengembangkan senjata yang efisien untuk melawan kapal induk Amerika. Salah satu upaya yang paling tidak biasa adalah ekranoplan Kelas Lun yang merupakan perkawinan antara pesawat dan kapal.

Pesawat terbang menggunakan daya angkat yang dihasilkan oleh efek  sayap yang besar ketika dekat dengan permukaan air.

Lun memiliki panjang 75 meter dan tinggi hampir 20 meter dan bisa mencapai kecepatan hingga 500 km per jam. Analis Amerika menjuluki kendaraan ini sebagai “Caspian Monster.” Prototipe diterbangkan pada 16 Juli 1986.

Karena kemampuan terbang pada ketinggian yang sangat  Lun bisa melewati pertahanan udara pada kapal musuh. Pesawat ini diharapkan bisa mendekat ke  kelompok tempur kapal induk musuh dan menyerang dengan rudal supersonik anti-kapal Moskit. Setiap rudal memiliki hulu ledak 300 kg dan bisa melakukan perjalanan di ketinggian 7-20 meter.

Satu-satunya model kelas yang dibangun, MD-160, memasuki layanan dengan Armada Laut Hitam pada tahun 1987 namun pensiun sangat cepat yakni pada akhir 1990-an dan sekarang mangkrak di pangkalan angkatan laut di Kaspiysk.

Next: Misil Bawah Air

Facebook Comments