For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Rafale Vs Jet Rusia, Lebih Baik Mana bagi Malaysia?

Sukhoi: Sudah Teruji

Jika Malaysia ingin dominasi udara tetapi tidak memiliki kepercayaan yang lebih dalam pada MiG-29, maka Su-30MKM adalah pilihan yang sudah teruji dan memiliki reputasi menakutkan.

Ini adalah pesawat geneasi 4,5  yang sulit dicari lawannya. Bahkan mungkin akan menjadi lawan yang harus diwaspadai oleh generasi kelima.

Su-30MKM, yang juga telah dioperasikan RMAF harganya juga tidak terlalu mahal terutama jika dibandingkan dengan Rafale. Pesawat ini seharga kurang lebih US$ 65 juta atau sekitar Rp865 miliar per pesawat.

Dalam hal operasional memang Sukhoi akan lebih mahal dibanding MiG, mengingat kelasnya juga berbeda. Su-30 adalah jet tempur berat sementara MiG-29 pesawat tempur ringan.

Terlebih lagi, Su-30MKM dapat ditingkatkan dengan beberapa fitur siluman sehingga jika RMAF memutuskan untuk pada akhirnya membeli PAK FA maka transisi juga tidak terlalu sulit.

Rusia menjadi harapan besar bagi Malaysia untuk mendapatkan teknologi siluman karena Amerika kemungkinan akan sulit melepas teknologi ke Malaysia seperti halnya juga ke Indonesia dan sebagian besar negara Asia Tenggara.

Next: Upgrade MiG-29
Facebook Comments