For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Rafale Vs Jet Rusia, Lebih Baik Mana bagi Malaysia?

Foto:USAF

Rafale Jet Tempur Termahal di Bumi

Harga jet tempur ini mencapai sekitar US$ 300 juta atau sekitar Rp4 trilun per pesawat, jika memilih pesawat ini maka tentu akan menjadi beban tersendiri bagi Angkatan Udara Malaysia.

Pada 2016 lalu India dengan negoisasi keras akhirnya bisa mendapatkan harga pesawat ini pada angka US$220 juta, tetapi dengan jumlah pembelian sebanyak 36 unit. Dengan rencana Malaysia membeli hanya 18 jet untuk menggantikan MiG-29, sulit bagi Kuala Lumpur untuk mendapatkan diskon. Akhirnya kemungkinan harga pesawat akan mencapai angka maksimal di US$ 300 juta untuk masing-masing Rafale.

Ini memang pesawat mahal, bahkan lebih mahal dibandingkan generasi kelima F-35 dan T-50 PAK FA. Meski dalam hal kemampuan Rafale tak bisa diragukan. Pesawat ini telah terjun di berbagai operasi militer di berbagai dunia. Sejumlah negara seperti India dan Mesir telah mengakuisinya. Hanya saja dengan kebutuhan Malaysia untuk pertahanan udara terbatas, apakah harga ini layak?

Next: MiG-35

Facebook Comments