For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

4 Pesawat Nenek Moyang SR-71 Blackbird

A-12

Lockheed A-12 “Archangel” atau “Oxcart”

Tidak perlu bingung dengan proposal pesawat tempur siluman Angkatan Laut AS yang dijuluki A-12 Avenger II. Keduanya berbeda.

A-12 Archangel adalah pesawat pengintai yang dikembangkan oleh Lockheed untuk CIA antara tahun 1962 dan 1967.   Skunk Works  mengembangkan A-12 Oxcart untuk Operasi CIA. Sebuauh pesawat jenis ini hilang di Laut China Selatan pada 6 Juni 1968.

Oxcart adalah upaya Pentagon lembaga untuk menggantikan pesawat mata-mata U-2 yang telah menjadi semakin rentan terhadap SAM Soviet.

Upaya ini sangat sukses dan pesawat diklaim memiliki sejumlah teknologi baru yang dirancang hanya untuk program tersebut. Mereka dibangun dengan titanium untuk menangani kecepatan hipersonik

Meskipun dirancang untuk terbang di atas Kuba dan Uni Soviet, Lockheed A-12 jusru tidak pernah mengeksekusi misi itu. Pesawat ini terbang di atas Vietnam Utara dan Korea Utara selama Pueblo Crisis.

Vietnam Utara mampu melacak A-12 lewat radar, dan secara rutin meluncurkan rudal tetapi  tidak pernah menembak langsung pesawat tapi terdapat puing-puing sebuah rudal yang meledak bersarang di pesawat tersebut.

Karena A-12 tidak pernah akan terbang di atas Uni Soviet dan penggunaan fotografi satelit sedang bangkit, program itu dibatalkan segera setelah itu dimulai.

A-12 bisa terbang lebih tinggi dan lebih cepat dari SR-71, tapi radar dan kamera samping Blackbird bisa melihat wilayah musuh tanpa harus penetrasi ke wilayah udara mereka.

3.Pembawa Drone M-21
Facebook Comments