For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kapal Selam, Sampanye, Hingga UFO Bersemayam di Dasar Laut Baltik

Laut Baltik dikenal memiliki banyak misteri dan temuan benda-benda yang cukup menarik. Dan berikut sejumlah temuan aneh di kawasan tersebut.

Kapal Selam Som (Catfish)

Pada bulan Juli 2015, kapal selam mini dilaporkan telah ditemukan oleh para penyelam di lepas pantai Swedia di tengah kecemasan tentang operasi kapal selam yang dilakukan Rusia di Baltik. Namun ternyata yang ditemukan bukan kapal selam Rusia yang tenggelam di tengah misi tetapi kapal selam Kelas Som era kekaisaran Soviet yang tenggelam pada tahun 1916 selama Perang Dunia I. Kapal selam itu ditemukan 1,5 mil laut lepas pantai Swedia.

Kapal Selam Som (Catfish) dibangun di Amerika Serikat pada tahun 1901 dan kemudian diserahkan ke Rusia. Kapal tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal uap Swedia pada 10 Mei 1916.

 

Ufo di Dasar Laut

Pada bulan Juni 2011, Team Ocean X yang berbasis di Swedia menemukan objek aneh di dasar laut di tengah Laut Bothnia antara Swedia dan Finlandia. Objek ini berbentuk piring dengan tinggi 3-4 meter dan diameter sekitar 60 meter. UFO ini berbaring di ujung semacam landasan pesawat sepenjang sekitar 300 meter.

Anggota ekspedisi menggambarkannya objek ini berbentuk bulat, dengan tepi kasar dan sisi cekung,” menyerupai “jamur besar.” Tim melaporkan bahwa formasi bersandar pada pilar dan yang mirip dengan tangga, mengarah ke lubang gelap.

Pakar UFO telah mengklaim formasi itu sebagai kapal alien, meskipun tidak ada bukti telah ditemukan untuk mendukung kesimpulan ini. Para ilmuwan masih berbeda pendapat tentang temuan ini ada yang menyebut sebagai sisa kapal Perang Dunia II dan sebagian lain menyebut ini adalah formasi unik alam atau sedimen.

baltik 2

Kota Atlantis Swedia

Pada tahun 2014, koleksi langka artefak Zaman Batu yang terkubur di bawah Laut Baltik ditemukan oleh tim peneliti dari University of Lund, yang dipimpin oleh Björn Nilsson, seorang profesor arkeologi di Södertörn University.

Item yang paling menonjol adalah kayu, alat-alat batu, tanduk hewan dan tali, serta tombak berukir yang terbuat dari tulang binatang.

Relik-relik tersebut diyakini telah ditinggalkan oleh perantau Swedia dan berumur sekitar 11.000 tahun. Beberapa temuan terpelihara dengan baik, bahwa banyak laporan telah menjuluki sebagai “Swedia Atlantis” dan banyak yang mengganggap setara dengan mitos kota Atlantis di di Samudra Atlantik.

Atlantis adalah nama pulau besar atau benua yang dikabarkan telah ditelan oleh Samudera Atlantik abad yang lalu. Legenda kuno itu sendiri dapat ditelusuri kembali ke Yunani Kuno.

baltik 4

Sampanye Berumur 200 Tahun

Pada tahun 2010, banyak botol sampanye diselamatkan dari kapal karam tak dikenal di Fögloö di kepulauan terluar Åland di Finlandia. Botol sampanye yang ditemukan terdiri dari 95 champagne juglar dan ada juga 46 botol Veuve Clicquot.

Identitas dan rute kapal tidak pernah didirikan. Namun demikian, diperkirakan sedang dalam perjalanan ke Saint Petersburg, membawa kargo yang ditujukan untuk pedagang lokal atau bahkan untuk Imperial Rusia.

Temuan itu kemudian diakui sebagai sampanye tertua dunia. Beberapa dilelang di ibukota Åland, Mariehamn. Botol Juglar dijual untuk €24.000 sedangkan sampanye Veuve Clicquot, yang bertanggal ke sekitar 1841 terjual dengan harga 30.000 euro, membuat rekor dunia baru.

baltik 5

Kapal Viking

Pada tahun 2009, Swedia menemukan kapal pertama Viking yang tenggelam. Bangkai kapal sepanjang 20 meter dilaporkan tergeletak di dasar danau Vänern, yang merupakan danau terbesar di Swedia dan ketiga di Eropa. Sebelumnya, sejumlah kapal Viking dan fragmen ditemukan di lahan kering, tetapi tidak di bawah air.

Facebook Comments