For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

9 Bencana Buatan Manusia Yang Berdampak Besar Pada Dunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati pada 5 Juni dan PBB berharap untuk meningkatkan kesadaran dan memacu tindakan untuk melindungi lingkungan dan mencegah bencana dari serangan.

Sayangnya, kecelakaan terus terjadi. Tumpahan minyak, kebocoran gas beracun, dan kebakaran hutan yang tak terkendali telah menyebabkan kerusakan lingkungan dan orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Berikut sembilan bencana lingkungan dalam 50 tahun terakhir yang mendatangkan malapetaka pada manusia, hewan, dan lingkungan sebagaimana dilaporkan Business Insider.

Bencana Seveso – 1976

Sebuah tanki yang mengandung satu kilogram TCDD, produk sampingan karsinogenik dari triklorofenol yang digunakan untuk memproduksi sabun tangan, bocor dari pabrik kimia di Meda, Italia, pada tahun 1976.

Loading...

Lebih dari 700 orang di kota Meda dan Seveso diungsikan dan 77.000 hewan dibunuh sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah bahan kimia meracuni rantai makanan. Banyak anak-anak di daerah itu mengalami chloracne, suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh paparan berlebih  senyawa aromatik terhalogenasi yang sering dialami veteran militer.

Love Canal – 1978

Dari tahun 1942 hingga 1953, Hooker Chemical Co. menggunakan Love Canal, New York, untuk membuang 21.000 ton limbah kimia beracun. Pada tahun 1978, The New York Times melaporkan bahwa bahan kimia dari kanal telah bocor ke rumah, halaman, dan taman bermain orang setelah bertahun-tahun musim hujan  lebat menciptakan genangan air beracun.

Presiden Jimmy Carter menyatakan keadaan darurat pada tahun yang sama, merelokasi 239 keluarga, dan mendeklarasikan keadaan darurat kedua pada tahun 1981 untuk mengevakuasi sisa penduduk Love Canal, yang telah mengalami tingkat keguguran  tinggi, cacat lahir, dan penyakit seperti epilepsi, asma, migrain, dan nefrosis.

Kebocoran gas Bhopal – 1984

Bencana Bhopal disebut sebagai kecelakaan industri terburuk dalam sejarah. Pada tahun 1984, 45 ton gas metil isosianat beracun bocor dari pabrik insektisida di Bhopal, India. Ribuan orang tewas seketika. Antara 15.000 dan 20.000 orang meninggal, dan setengah juta orang selamat dengan masalah pernapasan dan mata.

Bencana Chernobyl – 1986

Pada tanggal 26 April 1986, sebuah reaktor nuklir di kota Chernobyl, Ukraina, meledak, melepaskan sisa-sisa nuklir dan memengaruhi orang-orang dalam radius 200 mil selama beberapa dekade selanjutnya. Bencana nuklir Chernobyl memaksa 350.000 orang diungsikan karena kekhawatiran akan terkena radiasi. Chernobyl masih dianggap sebagai salah satu bencana reaktor nuklir terburuk dalam sejarah.

Tumpahan minyak Exxon Valdez – 1989

Ketika kapal tanker minyak Exxon Valdez menghantam pantai Pangeran William Sound, Alaska, 11 juta galon minyak tumpah melintasi 1.300 mil dan menghancurkan populasi satwa liar di daerah itu.

Menurut National Park Service, 250.000 burung laut, 2.800 berang-berang, 300 anjing laut, elang botak, 22 paus pembunuh, dan miliaran salmon mati karena polusi dari tumpahan.

Asbestos di Libby, Montana – 1990

Sejak 1919, 400 orang telah meninggal dan hampir 3.000  sakit karena debu asbes beracun dari penambangan vermiculite di Libby, Montana. Perusahaan pertambangan W.R. Grace and Co. juga mendistribusikan vermiculite, yang sering digunakan sebagai isolasi untuk konstruksi bangunan, di sekitar taman bermain dan halaman belakang di Libby.

Tambang ditutup pada tahun 1990, dan EPA mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada tahun 2008. Membersihkan vermiculite yang tercemar memerlukan dekonstruksi rumah, bisnis, dan bangunan lainya.

Tumpahan minyak Perang Teluk – 1991

Tumpahan minyak Perang Teluk adalah tumpahan minyak terbesar. Antara 5 dan 10 juta barel minyak tumpah ke Teluk Persia, menewaskan 30.000 burung dan mengurangi keberhasilan pembiakan beberapa spesies hingga setengahnya.

Ledakan pabrik kimia Jilin – 2005

Enam orang tewas, 70 terluka, dan puluhan ribu harus diungsikan ketika ledakan di pabrik petrokimia Jilin, China.

Bahan kimia merembes ke Sungai Songhua Cina, lalu ke Sungai Amur di perbatasan China-Rusia, di mana kadar benzena diukur pada 108 kali lebih tinggi dari tingkat keamanan standar, dan akhirnya ke Samudera Pasifik. Menurut World Atlas penyumbatan di salah satu menara nitrasi pabrik menyebabkan ledakan.

The Camp Fire – 2018

Camp Fire 2018 adalah kebakaran paling mematikan di California. Sebanyak 85 orang tewas dan 19.000 bangunan hancur, menurut The New York Times. Kota Firdaus dibakar. Penyebab kebakaran diketahui adalah saluran listrik yang dimiliki oleh Pacific Gas & Electric.

 

Loading...
Facebook Comments