For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Dua Kapal Induk Amerika Kembali Beroperasi Bersama di Mediterania

Dua kapal induk kelas Nimitz Amerika USS Abraham Lincoln (kiri) dan USS Harry S. Truman beroperasi bersama/US Navy

Amerika mengerahkan dua kelompok tempur kapal induk mereka di Laut Mediterania secara bersamaan. Ini adalah yang pertama kalinya dalam hampir tiga tahun.

“Kelompok tempur John C. Stennis bergabung dengan Abraham Lincoln di Mediterania, memberikan kesempatan unik bagi dua kelompok tempur untuk bekerja bersama dengan sekutu dan mitra kunci di wilayah operasi Armada ke-6 Amerika,” kata Kementerian Pertahanan Amerika sebagaimana dikutip Naval News Senin 22 April 2019.

Penyebaran menandai pertama kalinya bahwa dua kapal induk beroperasi di Mediterania pada saat yang sama sejak musim panas 2016, ketika Dwight D. Eisenhower dan kelompok tempur Harry S. Truman dikerahkan ke wilayah tersebut secara bersamaan.

“Operasi dua kapal induk di sini di Mediterania menunjukkan fleksibilitas yang melekat dan skalabilitas yang diberikan pasukan maritim kepada pasukan gabungan, sambil menunjukkan komitmen kuat kami pada stabilitas dan keamanan kawasan,” kata Wakil Komandan Armada ke-6 Laksamana Muda Lisa Franchetti.

Laporan itu mencatat USS John C. Stennis dikerahkan dari Naval Base Kitsap-Bremerton 15 Oktober 2018, sedangkan USS Abraham Lincoln dikerahkan dari Naval Station Norfolk, 1 April lalu.

Facebook Comments