For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

T-38 Talon, 60 Tahun Melahirkan 80.000 Pilot Tempur Amerika

Prototipe T-38 Talon memulai penerbangan perdananya sebagai pelatih supersonik pertama Angkatan Udara AS pada 10 April 1959. Melayani misi penting selama enam dekade, T-38 telah secara konsisten melakukan dan telah membantu dalam pelatihan penerbangan untuk 80.000 pilot.

Dengan berbagai modernisasi, pesawat telah mempertahankan biaya pengoperasian yang rendah, perawatan mudah dan memiliki catatan keselamatan yang bagus.

Salah satu pesawat supersonik teraman yang pernah dibuat, jet bermesin ganda, ketinggian tinggi, dapat terbang dengan kecepatan maksimum 858 mph dan dapat naik hingga ketinggian 33.600 kaki dalam 60 detik. Dari 1.187 pesawat yang diproduksi antara tahun 1959 dan 1972, setengahnya masih digunakan sampai sekarang.

T38 telah digunakan selama lebih dari setengah abad, terutama oleh Angkatan Udara Amerika, untuk pelatihan pilot tempur. Selain itu, Komando Tempur Udara menggunakan jet sebagai pelatihan pendamping untuk pilot B-2, TR-1 dan F-22 mereka. Angkatan Laut Amerika dan NASA juga menggunakan T-38 untuk uji terbang dan misi penelitian.

“Pesawat ini akan selalu diingat di Angkatan Udara kita dan di negara kita sebagai salah satu keunggulan yang telah menghasilkan Angkatan Udara nomor satu di dunia,” kata Mayor Jenderal Patrick Doherty Komandan Angkatan Udara ke-19 Amerika dalam peringatan 60 tahun penerbangan T-38.

John Parker, Wakil Presiden Northrop Grumman yang menghadiri acara tersebut mengungkapkan kontribusi dari program T-38 untuk industri penerbangan.”Northrop Grumman bangga menjadi anggota komunitas keberlanjutan T-38,” kata Parker.

“Selama beberapa dekade terakhir, komunitas keberlanjutan telah melakukan banyak analisis teknik dan logistik, memerangi bagian usang dan memastikan bahwa suku cadang tersedia untuk mempertahankan operasi penerbangan.  Dua minggu yang lalu,  Angkatan Udara Amerika memberi Northrop Grumman kontrak US$ 22 juta untuk pemeliharaan dan rekayasa sistem T-38 dan F-5. Kami menantikan untuk melanjutkan modernisasi sistem dan peningkatan untuk pesawat lincah ini sehingga tetap siap misi di tahun-tahun mendatang. “

Facebook Comments