For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Pengin Punya Helikopter Mirip Marine One? Amerika Lelang S-61T Bekas

Jika Anda sedang mencari helikopter bekas tetapi canggih, mungkin tawaran ini layak untuk dipertimbangkan. Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat sedang menawarkan helikopter Sikorsky S-61T yang telah disimpan di sebuah hanggar di Florida selatan.

Meski tua helikopter ini sudah sangat ditingkatkan dan yang pasti mirip dengan helikopter Marine One yang biasa digunakan Presiden Amerika.

Kementerian Luar Negeri Amerika pada awalnya merencanakan untuk membeli lebih dari 100 helikopter S-61T untuk memindahkan diplomat dan personel lain di daerah-daerah berisiko tinggi, seperti Afghanistan. Penundaan dan masalah lain menyebabkan armada yang dibeli kurang dari 20 yang sebagian besar langsung disimpan.

Sebanyak lima S-61T pertama sudah dilelang yang masing-masing memiliki harga penawaran mulai US$ 500.000. Sebanyak 13 helikopter yang tersisa dalam waktu enam bulan.

“Tidak ada lagi persyaratan misi Departemen Luar Negeri untuk mereka,” kata Kementerian Luar Negeri kepada The War Zone dalam sebuah pernyataan melalui email Rabu 10 April 2019. “Pesawat khusus ini tidak akan diganti.”

VH-3D Sea Kings Marine One

S-61T diperbarui dari SH-3 Sea King bekas Angkatan Laut Amerika dan NASA, yang merupakan varian militer dari seri S-61.  Sea King telah pensiun dari dinas militer Amerika selama bertahun-tahun. Korps Marinir Amerika masih menggunakan VH-3D Sea Kings yang dimodifikasi secara luas, lebih dikenal sebagai Marine One, untuk antar-jemput Presiden Amerika Serikat, keluarga, dan penasihat terdekat mereka, tetapi berencana untuk menggantinya dengan VH- 92A selama empat tahun ke depan.

S-61T Kementerian Luar Negeri didasarkan pada badan pesawat donor dari Angkatan Laut. Layanan itu telah menghentikan sebagian besar Sea King pada 1990-an, tetapi terus menggunakannya dalam jumlah yang sangat terbatas hingga akhir 2000-an.

Kementerian Luar Negeri memperoleh SH-3 lainnya dari Bone Yard di Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan di Arizona.

Departemen Luar Negeri telah setuju untuk membeli hingga 110 S-61T ketika menandatangani kontrak dengan Sikorsky pada tahun 2010.

Pada saat itu, kesepakatan  berpotensi bernilai hingga $ 1,675 miliar  juga termasuk pembelian sejumlah helikopter komersial S-61N   dan terlihat sebagai kemenangan besar bagi produsen helikopter yang bermarkas di Connecticut itu.  Perusahaan berharap bahwa penjualan ke Kementerian Luar Negeri akan membantu mempromosikan paket peningkatan S-61T ke pelanggan lain.

Harga satuan yang akhirnya dibayar Kementerian Luar Negeri tidak jelas. Sebelumnya memutakhirkan sejumlah model SH-3 Navy dengan bilah komposit dan avionik baru untuk menjadi S-61T menghabiskan biaya sekitar US$ 3,5 juta per helikopter. Hingga tawaran awal US$ 500.000 dalam lelang adalah cukup murah.

Facebook Comments