For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Dua Sistem Jamming Modern Rusia Terdeteksi di Ukraina, Salah Satunya Mengejutkan

OSCE

Lembaga yang melalukan misi pemantauan khusus Ukraina atau Special Monitoring Mission (SMM) OSCE merilis gambar yang menunjukkan sistem jamming modern Rusia terdetekai ditempatkan di Ukraina timur.

Lembaga itu menyatakan peralatan canggih itu terlihat di dekat Yuzhna-Lomuvatka atau 60km barat Luhansk.

“Sebuah drone mini SMM melihat automatic jamming system (R-330Zh, Zhitel) pada KamAZ-4310 dan radio-electronic jamming complex (Tirada-2) di dekat Yuzhna-Lomuvatka (60km barat Luhansk)”, kata dalam OSCE pernyataannya.

Platform UkrainianInformNapalmOSINT (Open Source Intelligence) juga berulang kali mengatakan tentang sistem SIGINT Rusia di bagian Donbas, Ukraina Timur.

Sebenarnya R-330Zh bukan untuk pertama kalinya terlihat di Ukraina. Namun untuk Tirada-2 ini cukup mengejutkan karena belum pernah terlihat.

Tirada-2 adalah salah satu sistem paling modern dari jenis ini yang digunakan Angkatan Darat Rusia. Tirada-2 adalah warfare jamming system yang khusus menonaktifkan satelit komunikasi.

Loading...

Beberapa ahli melaporkan bahwa tentara Rusia menggunakan sistem ini untuk melawan drone Global Hawk Amerika yang berulang kali terlihat terbang selama misi mata-mata di Ukraina timur.

“Pengembangan sistem ini dimulai pada tahun 2001. Pertama kali diumumkan secara publik pada tahun 2017. Pada bulan Agustus 2018, di Forum Army Forum -2018, kontrak untuk memasok Kementerian Pertahanan Rusia dengan sistem EW terbaru ini ditandatangani di acara tersebut dan di musim gugur mereka diuji, ” lapor Ukraina InformNapalm OSINT sebagaimana dikutip Defense Blog Rabu 3 April 2019.

Kantor berita Rusia RIA Novosti juga melaporkan bahwa sistem Tirada-2 akan beroperasi di Distrik Militer Pusat pada 2019.

Loading...
Facebook Comments