For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Giliran Mirage 2000 India Jatuh

Mirage 2000 India/PTI

Beberapa hari lalu jet tempur Jaguar milik Angkatan Udara India jatuh, kini giliran Mirage 2000 milik mereka juga mengalami nasib serupa.

Dua pilot tewas setelah pesawat tempur Mirage 2000 milik Hindustan Aeronautics Limited jatuh sesaat setelah lepas landas di bandara HAL di Bengaluru pada Jumat 1 Februari 2019. Pesawat tersebut berada di HAL kemungkinan sedang dalam program perawatan.

Reuters melaporkan kedua pilot uji sebenarnya telah melontarkan diri dari pesawat. Namun, salah satu dari mereka mendarat di dekat reruntuhan pesawat. Yang lainnya meninggal karena cedera.

Saksi mata menyebutkan pesawat itu jatuh di tepi kompleks bandara Hindustan Aeronautics Ltd (HAL), yang dikelilingi oleh beberapa gedung perkantoran dan perumahan. Pesawat terbakar segera setelah kecelakaan itu. Penyebab kecelakaan itu tidak segera diketahui.

Seorang pejabat sebagaimana dikutip Reuters mengatakan pilot berasal dari unit Aircraft and Systems Testing Establishment Angkatan Udara India.

Sebelumnya sebuah jet tempur Jaguar milik Angkatan Udara India  jatuh di Kushinagar, Uttar Pradesh, di wilayah utara negara tersebut pada Senin 28 Januari 2019, jet jatuh saat melakukan misi rutin dari Gorakhpur. Pilot dilaporkan selamat dengan melontarkan diri,

India terus didera dengan masalah kecelakaan pesawat karena sebagian besar armada mereka sudah cukup tua. Sebelumnya, pada bulan September 2018, sebuah jet tempur MiG-27 India juga jatuh selama penerbangan rutin di dekat kota Jodhpur di negara bagian utara Rajasthan. Pilot berhasil mengeluarkan dengan aman.

Sebuah MiG-21 India juga jatuh di distrik Kangra di Himachal Pradesh Rabu 18 Juli 2018 menewaskan sang pilot.  Sedangkan pada 5 Juni 2018 jet tempur Jaguar India juga jatuhdi distrik Mundra Kutch di Gujarat. Beselang  beberapa hari setelah itu jet tempur Jaguar Angkatan Udara India yang lain juga jatuh dan menewaskan pilotnya di Jamnagar, Gujarat.

Mirage-2000 diproduksi oleh Dassault Aviation Prancis. Pesawat ini memasuki layanan pada tahun 1984 sebagai penerus jet tempur sayap delta menyapu F1 Mirage. Kedua pesawat ini terlibat dalam pertempuran udara di Timur Tengah, Afrika dan Amerika Selatan. Jet tempur ini juga telah dipilih oleh Abu Dhabi, Mesir, Yunani, India, Peru, Qatar, Taiwan dan Uni Emirat Arab. Hingga 2009 saja lebih dari 600 Mirage 2000 telah terbang di berbagai negara.

 

Facebook Comments