For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Nelayan Vietnam Temukan Torpedo Kelas Berat China

Seorang nelayan Vietnam mendapat tangkapan yang tidak biasa dan sangat mematikan. Dia kembali ke pantai dengan mengangkut apa yang tampak seperti torpedo China. Menurutnya benda itu mengambang di perairan negaranya.

Kemungkinan besar kapal selam China meluncurkan torpedo kelas berat di perairan internasional dan senjata itu kemudian melayang ke wilayah tetangga Vietnam. Sang nelayan menarik torpedo ke pantai, di mana pemerintah setempat kemudianmengambil alih dan memanggil Angkatan Laut Vietnam untuk memeriksanya.

Menurut Tuoi Tre News, nelayan lokal Tran Minh Thanh melihat objek itu empat mil dari pantai Phu Yen, sebuah provinsi di Vietnam tengah selatan. Tran menarik torpedo ke pulau kecil di dekatnya, di mana pihak berwenang membawanya ke daratan untuk melihat lebih jelas.

 

Torpedo itu panjangnya sekitar 6,8 meter (22 kaki). Warnanya hitam warna oranye besar melingkar dan memiliki sepasang baling-baling contra-rotating di bagian belakang. Di belakang baling-baling ada lubang dari kawat kontrol yang digunakan kapal selam untuk mengirim perintah ke torpedo.  Tulisan China terlihat di sisi torpedo.

Diameter 54 sentimeter seperti yang dilaporkan menandakan itu adalah torpedo kelas berat. Torpedo ini datang dalam dua varietas dasar, dan yang lebih kecil serta lebih ringan memiliki diameter 32 sentimeter dan diluncurkan dari dek kapal permukaan, helikopter, dan pesawat terbang.

Sebagaimana ditulis Popular Mechanics Kamis 20 Desember 2018, oranye menunjukkan ini adalah torpedo pelatihan, yang berarti itu mungkin berfungsi penuh tetapi tidak memiliki hulu ledak. Penggunaan pita oranye sebenarnya biasa digunakan Amerika dan NATO menandai senjata latihan, namun sejumlah negara mengadopsi standar itu. Bilah torpedo yang contra rotating sering ditemukan pada torpedo modern karena mereka meningkatkan stabilitas ketika senjata bergerak di bawah air.

Torpedo Yu-6 di Kapal Selam Kelas Song China

Torpedo itu kemungkinan adalah YU-6  yang mulai beroperasi pada tahun 2005 dan dilaporkan berdasarkan torpedo Mk.48 Amerika dan Type 53-65 Rusia. Torpedo China digunakan untuk melawan kapal selam dan kapal permukaan musuh

Facebook Comments

error: Content is protected !!