For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Sendirian, Tentara Ini Bertempur Melawan Enam Tank Jerman

Murphy memerankan sendiri dirinya dalam film To Hell and Back
Murphy memerankan sendiri dirinya dalam film To Hell and Back

Ketika Murphy kembali dari perang, ia menderita gangguan stres pasca-trauma, suatu kondisi yang sering terjadi pada saat itu. Setelah tampil di sampul majalah Life, ia kemudian ke Hollywood tanpa kerja dan, tidur nyaris seperti gelandangan. Hingga akhirnya pada tahun 1949 ia membintangi film Bad Boy. Pada tahun yang sama, ia merilis otobiografi berjudul To Hell and Back tersebut yang sangat laris. Dia memerankan dirinya sendiri dalam film dengan judul yang sama pada tahun 1955 dan menjadi salah satu film terlaris produksi Universal selama hampir 20 tahun sampai Jaws merebutnya.

Akting sepertinya cocok untuknya. Dia tampil tidak kurang di 44 film layar lebar dan 26 episode serial TV berjudul Whispering Smith, yang disiarkan pada tahun 1961 di NBC. Tetapi film itu dikritik karena terlalu keras dan dibatalkan ketika baru 20 episode yang ditayangkan.

Murphy juga berkecimpung dalam menulis puisi dan lagu  serta beternak kuda balap. Berkat penghasilannya dari akting, ia mampu membeli sebuah peternakan di Texas. Dia menjalani kehidupan yang sangat nyaman, jauh dari kondisi yang dia alami saat kecil.

Namun Murphy mengalami post traumatic stress disorder yang menjadikan dia tergantung pada obat tidur untuk memerangi insomnia yang ia alami setelah perang. Menyadari ia telah menjadi kecanduan, ia mengunci diri di sebuah kamar motel selama seminggu. Dia akhirnya mengalahkan kecanduannya tersebut. Bahkan dia kemudian ketika mereka kembali ke rumah dia membuka diskusi membuka konsulutasi untuk perawatan psikologis bagi veteran perang.

Murphy menikah dua kali, menceraikan istri pertamanya setelah hanya dua tahun, dan memiliki dua anak dengan istri keduanya. Dia hidup gembira dengan keluarganya, dengan cukup uang di bank untuk menjaga mereka nyaman. Dia sukses dan pasti banyak cerita yang bisa disampaikan kepada cucu-cucunya nanti ketika dia sudah tua. Tetapi hal itu tidak terwujud.

Pesawat yang ditumpangi Murphy jatuh
Pesawat yang ditumpangi Murphy jatuh

Kecelakaan Pesawat

Pada tanggal 28 Mei 1971, Murphy dengan menggunakan pesawat pribadi terbang dalam perjalanan bisnis dari Atlanta, Georgia menuju Martinsville, Virginia. Kondisi cuaca kurang ideal dengan hujan dan kabut yang membatasi jarak pandang pilot.

Pilot kemudian memanggil bandara Roanoke, Virginia dan mengatakan bahwa ia akan segera mendarat karena kondisi cuaca buruk. Tetapi pesawat yang membawa lima penumpang termasuk Murphy, tidak pernah mendarat di lembah Roanoke tetapi Gunung Brush yang terletak puluh mil dari bandara. Semua orang dalam pesawat tewas.

Murphy baru berusia 45 tahun kala itu. Sejak saat itu lokasi kecelakaan berubah menjadi sebuah monumen, dan pada 1990-an, Appalachian Trail dialihkan untuk melalui tempat itu.

Tetapi kisah Murphy belum  berakhir. Setelah pemakaman di Arlington Cemetery, di mana makamnya telah menjadi kedua yang paling banyak dikunjungi setelah Kennedy. Dia dianugerahi medali terakhirnya yakni  Texas Legislatif Medal of Honor yang diterima satu-satunya adik yang masih tersisa, Nadine Murphy, pada 29 Oktober 2013 oleh Gubernur Texas Rick Perry

Sumber: We Are The Mighty

Facebook Comments