Sudah 40 Tahun dan Black Hawk Tetap Tak Terkalahkan

Pada 21 November 2018 UH-60 Black Hawk merayakan 40 tahun penerbangan mereka bersama Angkatan Darat Amerika Serikat.

UH-60 Black Hawk telah menjadi helikopter utilitas garis depan Angkatan Darat selama 40 tahun terakhir dan hingga saat ini tidak menunjukkan tanda-tanda untuk menyerah. Bahkan belum terkalahkan.

UH-60A pertama diterima oleh Angkatan Darat pada tahun 1978, dan mulai beroperasi pada tahun 1979 ketika dikirim ke komponen penerbangan dari Airstur ke-101 dan ke-82. Divisi.

Sejak saat itu, Black Hawk telah mengumpulkan lebih dari 9 juta jam armada total dan telah mendukung Angkatan Darat dalam setiap operasi kontingensi besar termasuk Grenada, Panama, Irak, Somalia, Balkan, Afghanistan, dan di seluruh Timur Tengah.

Selama bertahun-tahun, helikopter telah dimodifikasi dan ditingkatkan untuk mendukung misi dan peran yang terus berkembang, termasuk peletakan ranjau, evakuasi medis, dan operasi khusus.

Hari ini, Black Hawk UH-60 membentuk armada wing wing terbesar Angkatan Darat Amerika dengan lebih dari 2.100 airframes dalam inventaris saat ini. Karena produksi model H-60M terbaru terus berlanjut, selama tahun-tahun mendatang Angkatan Darat akan mendivestasi sisa pesawat UH-60A dan L  untuk digantikan oleh 760 UH-60V.

Dengan beberapa versi H-60 ​​Black Hawk dalam layanan, helikopter dianggap sebagai pekerja keras dari penerbangan Angkatan Darat. Selain helikopter transportasi taktis primer Angkatan Darat Amerika, sekitar 1.200 H-60 ​​beroperasi di 30 negara mitra dan sekutu.

Selama hampir setengah abad Black Hawk telah berfungsi luar biasa sebagai helikopter angkut medium utama, multi-peran untuk Angkatan Darat Amerika. Dengan upgrade besar terus direncanakan platform akan menjadi komponen kunci dari armada penerbangan Angkatan Darat hingga 2054.

Sikorsky S-70A atau UH-60 Black Hawk telah menjadi helikopter serangan standar Angkatan Darat Amerika sejak 1979. Ini adalah satu-satunya pesawat sayap putar yang dioperasikan oleh kelima angkatan bersenjata Amerika dan juga dalam dinas militer yang tersebar luas di seluruh dunia.

Sebagaimana ditulis Military Today, Sikorsky membangun lebih dari 1 000 model awal UH-60A untuk Angkatan Darat Amerika sebelum beralih produksi dari tahun 1989 ke varian UH-60L dengan mesin yang ditingkatkan. UH-60A / L melengkapi unit reguler dan cadangan.

Black Hawk bisa dipersenjatai dengan senapan mesin, rudal anti-tank Hellfire, dan rudal udara ke udara Stinger dan juga dapat membawa pod dengan roket terarah.

Angkatan Darat AS memiliki beberapa versi khusus. MH-60L Crash Hawk dan MH-60K Velcro Hawk sebagai digunakna platform utama Penerbangan Operasi Khusus (SOA).

Angkatan Darat berencana untuk meningkatkan sekitar 350 UH-60A ke konfigurasi UH-60Q untuk peran evakuasi medis dan sekitar 600 UH-60A ke konfigurasi UH-60L + untuk menstandarisasi peralatan.

Operator yang signifikan dari helikopter ini adalah Australia, Kolombia, Jepang (pesawat untuk lisensi JGSDF-dibangun oleh Mitsubishi) Korea Selatan, Arab Saudi, Turki. Pengguna yang lebih kecil adalah Argentina, Brunei, Cile, Mesir, Layanan Terbang Pemerintah Hong Kong, Israel, Yordania, Meksiko, Maroko, Filipina, dan Thailand.

Facebook Comments

error: Content is protected !!