For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Dua Kali Iran Permalukan CIA dan Semua Berdampak Sangat Buruk

ciaOperasi Paling Nekat

Ini adalah operasi paling nekat dalam sejarah modern dari CIA, yang mungkin telah membantu menempatkan senjata nuklir di tangan sebuah negara yang justru disebut Presiden George W Bush telah disebut “poros jahat “.

Operasi Merlin telah menjadi salah satu rahasia yang dijaga sangat ketat di pemerintahan Clinton dan Bush. Tidak jelas siapa yang awalnya memunculkan ide ini, tapi rencana itu pertama kali disetujui oleh Clinton. Namun operasi Merlin disahkan oleh pemerintahan Bush.

Apa yang membuat operasi begitu sembrono adalah bahwa menurut mantan pejabat CIA, Raisen, operasi semacam itu sebenarnya telah digunakan sebelumnya dengan musuh-musuh Amerika, tetapi tidak pernah dengan senjata nuklir.

Menyerahkan setiap desain senjata dan informasi tambahan dapat mengakibatkan daerah mempercepat program senjatanya.

Masalahnya adalah Iran juga sudah mendapatkan cetakĀ  biru dari Pakistan dan sudah mempelajarinya.

Loading...

Raisen menulisĀ  ahli nuklir Iran bisa membandingkan dua cetak biru untuk mengidentifikasi cacat dan kemudian mengumpulkan informasi berbahaya dari cetak biru tersebut.

Alhasil Operasi Merlin gagal total di segala sisi. Bukannya memperlambat program Iran, justru Iran akhirnya benar-benar dengan cepat mampu membuat teknologi tersebut. Sekarang giliran Amerika yang paling ngotot soal nuklir Iran.

Sumber: Business Insider

Loading...
Facebook Comments