For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kabar Buruk Bagi Typhoon, Belgia Sepertinya akan Pilih F-35

Teluk senjata F-35

Belgia pada akhir Oktober ini kemungkinan akan mengambil keputusan tentang jet tempura pa yang akan dipilih untuk menggantikan armada F-16 mereka. Kabar yang beredar negara ini sepertinya lebih tertarik untuk menerbangkan F-35 dibandingkan Eurofighter Typhoon.

Beberapa sumber mengatakan kepada Reuters, dan para ahli industri berharap untuk memilih jet temur generasi kelima yang dibangun Lockheed Martin tersebut.

Keputusan bernilai multi-miliar dolar tersebut sedang ditunggu industri penerbangan. Awalnya keputusan akan diambil Juli 2018 sebelum KTT NATO di Brussels tetapi ditunda karena pemilihan umum Belgia.

Sumber Amerika mengatakan Washington memperpanjang persyaratan tawaran untuk 34 jet tempur F-35 dua minggu hingga 31 Oktober atas permintaan Brussel. Hal ini dilakukan karena dengan adanya penundaan maka juga ada perubahan harga.

“Kompetisi Belgia adalah kemenangan F-35,” kata Harry Breach, analis Raymond James yang berbasis di London sebagaimana dilaporkan Reuters Senin 22 Oktober 2018. Dia mencatat bahwa Belgia sudah menerbangkan pesawat tempur F-16, juga dibangun oleh Lockheed.

Dia mengatakan Eurofighter Typhoon akan menjadi pilihan yang lebih mahal. “Untuk alasan keterjangkauan, negara-negara yang lebih kecil cenderung memilih jet dengan ukuran, muatan dan jangkauan lebih rendah. Semua itu menunjuk pada pemilihan F-35. ”

Tidak ada komentar yang tersedia dari kementerian pertahanan Belgia tetapi sumber-sumber resmi mengindikasikan bahwa keputusan tentang pilihan pesawat perang kemungkinan terjadi bulan ini.

Perdana Menteri Belgia Charles Michel sebelumnya mengatakan dia ingin membuat keputusan untuk mengganti F-16 sebelum pemilihan nasional pada bulan Mei.  Sementara Menteri Pertahanan Steven Vandeput mengatakan pekan ini bahwa ia berharap dapat menyelesaikan masalah ini sebelum ia turun pada akhir tahun.

Kemenangan untuk Lockheed akan menandai kemunduran Eurofighter Typhoon yang dibangun konsorsium Inggris, Jerman, Italia dan Spanyol  yang telah melobi untuk peluang tersebut.

Prancis, yang tidak mengajukan tawaran resmi untuk pesawat tempur Rafale yang dibangun oleh Dassault Aviation tetapi menawarkan kerjasama pertahanan Belgia, juga ingin mencegah penyebaran lebih lanjut dari F-35 di Eropa

Juru bicara Lockheed, Carolyn Nelson, mengatakan proposal perusahaan termasuk peluang signifikan bagi perusahaan Belgia untuk berkontribusi pada perusahaan F-35 global.

BAE Systems, yang memimpin kampanye untuk Eurofighter, mengatakan tawaran terbaik dan terakhir pemerintah Inggris diajukan pada bulan Februari dan sekarang menunggu keputusan Belgia.

Perusahaan itu mengatakan pada Juli bahwa Belgia bisa mendapatkan peran yang mungkin dalam pengembangan jet tempur Eropa di masa depan jika memilih Typhoon.

 

 

Facebook Comments