For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Walther PPK, Pistol yang Membunuh Adolf Hitler dan Andalan James Bond

Karena takut jatuh ke tangan Soviet, yang sedang berjuang merebut Berlin, Adolf Hitler, pemimpin Third Reich awalnya menelan kapsul sianida pada 30 April 1945 kemudian  pukul 03.30, menembak dirinya sendiri dengan , , pistol Walther PPK 7,65-milimeter. Diperkirakan dia menembak di bagian bawah dagunya.

Dia ditemukan bersama istri barunya Eva Braun, yang juga menelan kapsul sianida. Keduanya terkulai di sofa.

Dipercaya bahwa Hitler memiliki beberapa PP & PPK, tetapi pistol yang digunakannya pada 30 April sudah lama hilang.  Kemungkinan diambil sebagai hadiah oleh tentara Soviet atau disimpan dan disembunyikan oleh salah satu orang terakhir untuk meninggalkan Fuhrerbunker sebelum menyerah. Berlin dan keruntuhan Third Reich terjadi pada 7 Mei.

Pada tanggal 1 Mei, otoritas Nazi mengumumkan bahwa Hitler telah mati bertempur dengan anak buahnya. Selain itu diumumkan Laksamana Karl Donitz akan menjadi penggantinya. Mayat Hitler dan Braun dibawa keluar dari bungker ke sebuah taman kecil di belakang Reich Chancellery.  Jasad keduanya disiram dengan bensin, dibakar dan kemudian segera dikubur di sebuah lubang hasil ledakan bom.

Walther PPK selalu digunakan tokoh James Bond

Meski PPK mungkin terkenal karena hubungannya dengan Nazi Jerman, pistol ini terkenal sebagai senjata pilihan James Bond – meskipun senjata pertama Bond adalah Beretta 418.  Namun ketika seorang penggemar menyarankan PPK sebagai senjata yang lebih jantan maka kemudian senjata ini digunakan oleh James Bond di film selanjutnya.

Carl Walther Waffenfabrik awalnya mengembangkan PPK dari Pistol Polisi Walther yang sedikit lebih besar pada tahun 1931. “PPK” adalah kependekan dari Polizeipistole Kriminalmodell . Senjata ini sangat populer di seluruh daratan Eropa baik digunakan polisi maupun warga sipil.

Walther PPK versi modern

Selama perang, P-38 adalah senjata standar panglima angkatan bersenjata Jerman. Sedangkan  PPK dikeluarkan untuk polisi, perwira tinggi, anggota Luftwaffe dan badan intelijen.

PPK bisa dibilang merupakan salah satu pistol double-action blow-back paling sukses di dunia. Ini juga salah satu pistol yang paling banyak disalin di dunia. Makarov Rusia adalah tiruan paling populer. PPK bahkan masih diproduksi setelah 80 tahun.

Facebook Comments