For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Rusia Cari 230 Pesawat Latih Dasar, Siapa Yang Beruntung?

Yak-152

Kementerian Pertahanan Rusia akan membeli 230 pesawat latih dasar untuk kadet pilot militer. Jumlah yang cukup besar yang tentu sangat menggiurkan bagi produsen pesawat.

“Militer akan membeli 230 pesawat baling-baling untuk pelatihan pretama pilot. Tidak disebutkan secara pasti apa sebenarnya pesawat itu. Menteri Pertahanan Sergey Shoigu telah menandatangani dokumen yang sesuai,” jelas sumber industri dalam wawancara kepada Mil.Press Kamis 4 Oktober 2018.

Menurut sumber tersebut mengatakan, masalah ini akan diungkap secara resmi setelah dilakukan pengujian dua pesawat yakni Yak-152 dan pesawat Austria Diamond DART-550.

Pilot Rusia yang sangat disegani, Jenderal Alexander Akhlyustin yakin Yak-152 memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan tender.

“[Yak-152] adalah jenis pesawat yang dibutuhkan para pilot untuk pelatihan dasar. Tanpa embel-embel tambahan, yang utama adalah bahwa para kadet mengembangkan persepsi sentuhan kontrol pesawat, dapat dengan cepat membuat keputusan seperti kecepatan, ketinggian dan latihan terbang “, katanya.

Pada Mei 2018, layanan pers dari Ural Works of Civil Aviation (UWCA) mengatakan kepada Mil.Press Today bahwa perusahaan tidak akan mengirimkan pesawat Berlian DA42–Ę ke Angkatan Udara Rusia.

Pesawat pelatih dasar Yak-152 melakukan penerbangan perdana pada 29 September 2016. Pada musim semi 2018 dilaporkan mesin pesawat telah dibuat di dalam negeri.  Produksi powerplant Jerman RED-A03T didelegasikan ke sebuah perusahaan bernama Russo-Balt.

Setelah pelatihan di Yak-152, pilot selanjutnya akan berlatih di Yak-130 sebelum kemudian masuk ke kokpit pesawat tempur garis depan.

Diamond-DART550

Sedangkan pesawat turboprop Diamond DART-550 dirancang oleh Austrian Diamond Aircraft Industries untuk pelatihan dasar di sekolah penerbangan.

Perbedaan utama DART-550 dari dua prototipe penerbangan yang sebelumnya dibangun DART-450 adalah mesin turboprop General Electric GE H75-100. Berat maksimum lepas landas DART-550 adalah 2.400 kg, kecepatan maksimum dekat tanah adalah 460 km / jam dan daya tahan maksimal adalah 8 jam.

Facebook Comments