For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Laporan Gedung Putih: Industri Pertahanan Amerika Terancam Punah

Laporan Gedung Putih yang lama ditunggu-tunggu tentang kondisi industri pertahanan Amerika menemukan bahwa semua aspek dari basis industri manufaktur dan pertahanan saat ini terancam. Laporan itu juga dan memperingatkan bahwa seluruh industri yang penting bagi keamanan nasional menghadapi risiko “kepunahan domestik.”

Butuh waktu satu tahun untuk menyusun laporan itu, yang didasari  perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang ditandatangani pada 21 Juli 2017. Penyusunan melibatkan selusin agen federal dan 300 pekerja.

Temuannya disaring menjadi 50 halaman ditambah lampiran meringkas tekanan yang mengikis kekuatan industri Amerika. Banyak rekomendasi yang berasal dari analisis yang terkandung dalam lampiran  rahasia  beberapa di antaranya sudah dilaksanakan.

Gedung Putih memutuskan untuk merilis laporan Kamis 4 Oktober 2018 malam untuk menghindari gejolak pasar.

Forbes melaporkan Jumat 5 Oktober 2018, laporan ini dimulai dengan mengidentifikasi lima “kekuatan makro” yang menyebabkan pelemahan dalam industri yang penting bagi keamanan nasional. Lima kekuatan maktro tersebut adalah pendanaan federal yang tidak dapat diprediksi, praktik bisnis pemerintah yang buruk, perilaku predator negara-negara lain, erosi dalam industri manufaktur tradisional dan investasi yang tidak memadai dalam keterampilan penting.

Laporan kemudian memaparkan sepuluh “pola dasar” risiko yang disebabkan oleh kekuatan makro, seperti berkurangnya kapasitas industri, menurunnya persaingan dan ketergantungan pada sumber-sumber outsourching untuk barang-barang utama.

Lebih dari 300 dampak spesifik dijelaskan di industri pertahanan tradisional dan  lintas sektor seperti elektronik dan peralatan mesin, semuanya berpotensi merugikan kekuatan ekonomi dan keamanan Amerika Serikat.

Rekomendasi untuk membalikkan penurunan industri nasional diatur dalam empat kategori yakni investasi, kebijakan, peraturan dan perundang-undangan.

Rekomendasi yang menargetkan industri pertahanan tradisional termasuk mengurangi menunggu izin keamanan, memikirkan kembali kebijakan ekspor senjata dan memodernisasi infrastruktur industri organik galangan kapal dan arsenal militer.

Tetapi laporan tersebut menjangkau jauh di luar sektor pertahanan untuk mengusulkan penciptaan kebijakan industri nasional, reformasi proses penganggaran kongres dan diversifikasi  dari ketergantungan pada sumber-sumber asing untuk bahan-bahan yang masuk kategori Rare Earth Mineral (REE).

REE adalah mineral yang mengandung satu atau lebih elemen yang termasuk dalam kelompok 17 elemen kimia.

REE yang digunakan dalam teknologi canggih seperti komunikasi seluler  hanyalah salah satu dari banyak contoh laporan yang mengutip untuk menggambarkan bagaimana China secara aktif berupaya merusak kekuatan industri Amerika.

Laporan tersebut memperingatkan bahwa Beijing secara aktif berusaha untuk memimpin dunia dalam teknologi seperti kecerdasan buatan yang dapat menentukan masa depan peradaban, dan tidak berbasa-basi menuduh China merkantilis, perilaku anti-Amerika.

Laporan ini mencakup lampiran 24 halaman yang merangkum kondisi di sejumlah sektor industri seperti pesawat terbang, ruang angkasa, elektronik, dan kendaraan tempur. Penjelasannya singkat, karena banyak yang menyangkut Gedung Putih tentang erosi di basis industri sensitif.

Meskipun demikian, ringkasan sektor memperjelas bahwa tren pada umumnya tidak menguntungkan, sebagai bagian tentang pembuatan kapal menggambarkan.

Industri yang terlibat dalam pembuatan komponen kapal adalah salah satu yang paling terpukul oleh pergeseran global dalam basis industri selama 20 tahun terakhir. Sejak tahun 2000, industri-industri ini mengalami penurunan gabungan lebih dari 20.500 perusahaan di Amerika.

Kontraksi dari basis industri memiliki persaingan yang terbatas di antara para pemasok komponen Angkatan Laut Amerika dan dalam banyak kasus, persaingan telah lenyap sama sekali, memaksa Angkatan Laut untuk bergantung pada pemasok sumber tunggal dan tunggal untuk komponen-komponen penting.

Facebook Comments