For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

10 Tank Modern Paling Tangguh di Dunia

Tank tiba di medan perang pada tahun 1916 ketika pertama kali digunakan oleh Angkatan Darat Inggris melawan Jerman di Perang Dunia I.

Tank itu dikembangkan untuk menyeberangi tanah tak bertuan, melewati ladang kawat berduri dan menghancurkan parit musuh. Tank juga melindungi tentara dari tembakan senapan mesin musuh dan pecahan peluru dari ledakan granat. Peperangan pertama dengan tank terjadi antara Inggris dan Jerman.

Tank-tank diberi tenaga mesin traktor dan memiliki setengah inci baju besi. Mereka juga dilengkapi dengan berbagai senapan mesin dan meriam. Tank awal sangat lambat, sering terbukti berbahaya bagi kru mereka sendiri maupun musuh mereka.

Seiring waktu tank terus berkembang dan peperangan modern secara signifikan tergantung pada kendaraan lapis baja ini. Sejak Perang Dunia I, persaingan desain tank telah meningkat.

Fokus utama saat merancang tank adalah pada tiga karakteristik utama yaitu senjata, perlindungan, dan mobilitas. Tank juga telah menjadi salah satu dagangan paling laris di pasar senjata internasional.

Kali ini kita akan melihat 10 tank paling canggih yang ada di dunia sekarang ini.

T-90

10. T-90

T-90 adalah satu-satunya tank Rusia yang diproduksi dalam jumlah besar. Tank ini mungkin tidak terlalu canggih jika dibandingkan dengan saingannya di Barat, tetapi telah membuktikan teknologinya efektif dalam hal biaya.

T-90 adalah salah satu tank tempur yang paling sukses secara komersial di pasar global sekaligus salah satu MBT modern termurah. Salah satunya karena ukurannya yang kecil. Tank juga memiliki sistem pengendalian tembakan yang memadai. Versi baru dari model ini memiliki mesin yang kuat. Satu kekurangan dari T-90 adalah bahwa amunisi disimpan di kompartemen utama. Oleh karena itu, sekali lambung ditembus amunisi,  maka akan meledak membunuh kru di dalam dan menghancurkan tank.

Tank ni juga tidak cukup akurat pada target jarak jauh dibandingkan tank-tank yang ada dalam daftar ini. Namun, T-90 tidak memiliki masalah meluncurkan peluru kendali anti-tank dengan cara yang sama seperti tank biasa. T-90 tidak memiliki advanced sights dengan thermal vision dan sight panorama komandan yang dapat menjadi kelemahan utama model ini. T-90 saat ini digunakan oleh Aljazair, Azerbaijan, India, Turkmenistan, Rusia. dan Venezuela.

T-84 Oplot-M

9. T-84 Oplot-M

Setelah runtuhnya Uni Soviet, Ukraina mewarisi pabrik tank besar di Kharkov yang memproduksi T-80UD. Untuk mengembangkan tank mereka sendiri, Ukraina memutuskan untuk mengambil desain T-80 dan memodifikasi desainnya guna menghasilkan T-84 Oplot-M. Pemerintah Ukranian sangat memodernisasi T-80 selama bertahun-tahun.

Oplot memiliki meriam smoothbore 125mm yang dapat menembakkan armor piercing dan explosive ammunition. Tank juga dilengkapi dengan rudal anti-tank dipandu laser. Amunisi dimuat oleh autoloader dan memiliki akruasi tinggi. Tank memiliki sight panorama dan thermal imaging.  Meriam menggunakan komputer balistik.

8. Leclerc

Leclerc adalah tank tempur utama Prancis yang dikembangkan oleh Sistem Nexter. Tank juga digunakan oleh Angkatan Darat Uni Emirat Arab. Leclerc adalah tank generasi ketiga yang dipersenjatai dengan meriam smoothbore standar Nato CN120-26 120mm.  Juga memiliki senapan mesin koaksial 12,7 mm dan senapan mesin 7,62 mm yang dipasang di atap. Tank ini juga memiliki 40 putaran amunisi 120mm serta memiliki lebih dari 950 putaran amunisi 12,7mm. Tank memiliki kecepatan maksimum 72km / jam.

7. Type 99 (ZTZ-99)

Type 99 (ZTZ-99) adalah tank tempur generasi ketiga yang diproduksi oleh China Northern Industries Group Corporation. Tank mulai masuk operasional pada tahun 2001.

Tank memiliki meriam smoothbore 125mm ZPT98 yang sepenuhnya stabil dan dilengkapi dengan auto-loader. Tank ini memiliki daya tembak superior jika dibandingkan dengan ZTZ99.  Tank memiliki lambung lapis baja. Type 99 memiliki counter measures system dan smoke grenade launchers.

Type 99 (ZTZ-99) mampu menembakkan proyektil APFSDS, HEAT, dan HE-FRAG. Rudal anti-tank dipandu laser dapat ditembakkan dari tank. Juga dilengkapi dengan senjata anti-pesawat 12,7mm dan senapan mesin koaksial 7,62 mm. Kecepatan maksimum tank ini adalah 80km / jam.

NEXT

Facebook Comments