For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Kapal Perang Paling Mematikan Yang Ada Saat Ini

Destroyer Type-055

Kapal permukaan besar terbaru China dikenal sebagai destroyer Type 055.  Kapal ini merupakan tindak lanjut dari Type 052 tetapi lebih besar dan lebih canggih. Diperkirakan kapal ini menjadi pesaing bagi penjelajah kelas Ticonderoga Amerika.

Type 055 memiliki panjang 590 kaki, membuatnya lebih panjang daripada Ticonderoga, dan diperkirakan beratnya kira-kira di atas 10.000 ton. Seperti Ticanderoga, destroyer Type 055 kemungkinan besar digunakan sebagai pengawal bagi armada kapal induk China, dengan kemampuan untuk mengambil peran anti-kapal selam dan anti-permukaan ketika diperlukan.

Persenjataan kapal ini cukup membahayakan. Type 055 memiliki 112 luncuran vertikal silo, yang masing-masing dapat membawa rudal jelajah anti-kapal YJ-18A dan YJ-100, rudal jelajah darat, atau rudal pertahanan udara jarak jauh HQ-9B . Kapal-kapal juga dilengkapi rudal permukaan ke udara jarak pendek HHQ-10 yang mirip dengan Rolling Airframe Missile (RAM) NATO dan H / PJ-11 sistem senjata jarak dekat mirip dengan Phalanx Amerika.

China meluncurkan dua Type 055 secara bersamaan pada Juli 2018, dengan total enam sedang dalam pembangunan. China berencana memiliki setidaknya delapan kapal perusak kelas ini.

Destroyer Kelas Arleigh Burke

Perusak kelas Arleigh Burke adalah banyak petarung permukaan besar. Dalam banyak hal kelas Burke berhasil menyusutkan sensor dan persenjataan kelas Ticonderoga  minus meriam lima inci dan 26 vertikal peluncuran silo ke dalam platform yang lebih kecil.

Kapal pertama di kelas ini, Arleigh Burke, ditetapkan pada tahun 1988 dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Kelas ini telah berada di konstruksi hampir terus menerus sejak itu  dengan jeda singkat di tahun 2010-an.

Kapal-kapal itu memiliki panjang 505 kaki dan dapat bobot perpindahan hingga 7.900 ton, dengan kapal-kapal tua yang berbobot lebih berat. Empat mesin turbin gas LM2500 mendorong kapal ke kecepatan lebih dari 30 knot.

Setiap kapal dilengkapi dengan satu meriam multi peran lima inci, 96 silo peluncuran vertikal, radar SPY-1 dan Aegis Combat System, dan rudal antikapal Harpoon. Dimulai pada akhir 1990-an, kemampuan mendasarkan helikopter ditambahkan dengan hangar dua helikopter.

Revisi besar ketiga platform, yang dikenal sebagai Flight III, akan menggantikan radar SPY-1 dengan SPY-6 Air dan radar prtahanan baru. Seperti beberapa kapal kelas Ticonderoga, beberapa Burke mampu melaksanakan misi pertahanan rudal balistik, melibatkan rudal balistik dengan kombinasi Aegis dan pencegat SM-3.

Sebanyak 26 kapal perusak Burke telah masuk layanan dengan 14 lagi sedang dibangun. Dengan jumlah ini Arleigh Burke menjadi kombatan permukaan dengan jumlah terbesar di dunia.

Facebook Comments