J-10, Burung Api dari Tanah Naga

Versi terbaru dari jet ini adalah J-10C, yang melakukan penerbangan pertama pada Desember 2013 dan mulai masuk ke Angkatan Udara China pada Juli 2017. J-10C yang baru menggabungkan teknologi yang dibangun sendiri dari active electronically scanned array (AESA) dan menggunakan lebih banyak material komposit dalam badan pesawatnya.

Jet tempur multirole J – 10 adalah pesawat pertama buatan China yang kemampuannya mendekati pesawat tempur buatan Barat. Dikenal dengan sebutan Meng Long atau Vigorous Dragon di China (Naga Kuat) dan sebagai Firebird (burung api) di Barat

Pengembangan J – 10 dimulai tahun 1988 dimaksudkan untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh jet tempur MiG – 29 dan Su – 27  Soviet . J – 10 pada awalnya direncanakan sebagai pesawat tempur superioritas udara. Namun runtuhnya Uni Soviet dan perubahan kebutuhan menggeser pembangunan pesawat tempur menjadi platform multi- peran.

 

Pesawat melakukan penerbangan pertamanya pada 1998. Seluruh proyek dilakukan dalam tingkat kerahasiaan yang sangat tinggi. Bahkan foto-foto pertama dari J-10 baru keluar 4 tahun setelah penerbangan pertama. J – 10 resmi masuk dalam Angkatan Udara China pada 2004 namun pertama kali secara diungkapkan secara terbuka pada 2006. Dan saat ini sekitar 240 pesawat sudah masuk dalam layanan dari jumlah 300 yang diperlukan. Sejumlah negara , termasuk Iran , Pakistan dan Thailand menunjukkan minat dalam pembelian pesawat ini.

J – 10 memiliki mesin tunggal turbofan AL – 31FN Rusia. Memiliki jangkauan tempur udara dan permukaan dengan target di luar jangkauan visual. Memiliki 11 cantelan senjata dan dapat membawa dua tangki bahan bakar serta memiliki kemampuan pengisian bahan bakar di udara.

 

Persenjataan utama yang dibawa adalah rudal jarak menengah udara ke udara PL – 12 yang dipandu dengan radar aktif. Untuk jarak dekat pesawat ini membawa rudal infra merah PL – 8. Sedang untuk serangan ke darat J – 10 membawa hingga enam bom dipandu laser seberaat500 kg , bom jatuh bebas atau 90 – mm pod roket acreage. Pesawat ini juga dilengkapi dengan single- barrel 23 – mm meriam .

 

J – 10 dilengkapi dengan radar doppler yang mampu melacak 10 target secara simultan dan menyerang empat sekaligus secara bersamaan. Perkiraan jangkauan deteksi maksimum adalah 100 km . Pesawat ini dilengkapi dengan fly – by-wire system. Juga diproduksi varian dua kursi sebagai pesawat latih

Facebook Comments