Produksi Helikopter Legendaris UH-1Y Venom Segera Berakhir

Bell akan mengirimkan helikopter utilitas UH-1Y Venom terakhir ke Korps Marinir Amerika pada akhir 2018. Namun USMC akan terus menerima saudara Venom, helikopter serang Bell AH-1Z Viper, hingga 2022.

Venom dan Viper didasarkan pada keluarga helikopter era Perang Vietnam UH-1 Iroquois dan turunan AH-1 Cobra. Varian modern berbagi 85 persen bagian yang sama termasuk boom ekor umum, mesin, sistem rotor, drivetrain, arsitektur avionik, perangkat lunak dan kontrol.

“Ini memungkinkan kami mengurangi biaya dan mengurangi jejak kami di atas kapal,” kata David Walsh, manajer program untuk UH-1. “Setiap kali Anda berada di kapal, ruang kapal maritim adalah penting.”

Program H-1 juga berfokus pada peningkatan armada Bell AH-1Z Viper dan UH-1Y Venom yang ada dengan sistem peperangan elektronik yang ditingkatkan, Link 16, peningkatan daya  yang tersedia dan perbaikan struktural untuk membantu helikopter membawa lebih banyak senjata eksternal. Senjata baru untuk helikopter akan mencakup JAGM dan AIM-9X Sidewinder.

Walsh menambahkan program ini juga menambahkan sistem navigasi yang ditingkatkan seperti ADS-B, EGI, dan M-Code GPS. Bell juga mencari tetapi belum mulai menambahkan kemampuan untuk mengendalikan sistem udara tak berawak dari helikopter.

UH-1 adalah helikopter yang paling serbaguna milik Korps Marinir Amerika Serikat (USMC). Pada suatu saat dia bisa melakukan misi evakuasi dan medis. Tetapi secepat itu juga bisa melaksanakan misi dukungan udara.

Setelah lebih dari 50 tahun, UH-1 Huey masih digunakan di USMC, dan tidak pernah ada helikopter lebih fleksibel atau mematikan daripada di UH-1Y “Venom” yang merupakan varian paling akhir. Video di bawah ini menunjukkan bagaimana kehebatan mesin ini.

UH-1B Huey
UH-1B Huey

Marinir telah begitu setia kepada UH-1 sejak tahun 1962. UH-1Y Venom  juga dikenal dengan Super Huey. Sebutan ini muncul mungkin karena helikopter ini menyerupai Huey yang bertempur di era Perang Vietnam. Tetapi keduanya benar-benar sangat berbeda dalam banyak hal.

Dan yang pasti Venom adalah mesin yang jauh lebih modern dan mampu. Jadi jika Super Huey adalah generasi penerus Huey, maka dia adalah generasi yang sudah melenceng jauh dari leluhurnya. Bahkan helikopter ini juga telah menjelma dengan sejumlah sifat helikopter serang AH-1 Cobra.

Ada beberapa perbedaan mencolong antara UH-1Y Venom dengan pendahulunya.

MESIN

UH-1B mulai dengan mesin turbin 960hp tunggal. Dan saat ini  UH-1Y membungkus sepasang General Electric T700-GE-401C tubroshafts dengan output maksimum masing-masing 1.828 hp (sekitar 1.550 hp terus menerus). Itu hampir empat kali kekuatan UH-1B

BERAT

Berat kotor: UH-1B memiliki berat kotor maksimum £ 8.500. UH-1Y memiliki berat kotor maksimum £ 18.500

KINERJA

UH-1B memiliki kecepatan jelajah dari 128mph, sedangkan UH-1Y merobek langit dengan kecepatan 182mph, atau 155mph ekonomi cruise. Helikopter ini juga memiliki jangkauan 50 persen lebih jauh dari pendahulunya, UH-1N, dengan 125% lebih payload.

ROTOR

UH-1B memiliki sistem rotor logam semi-kaku dua berbilah dengan dua ekor berbilah rotor. UH-1Y memiliki empat rotor utama berbilah semua komposit dan sama empat berbilah rotor ekor.

AVIONIK

UH-1Y memanfaatkan full kaca kokpit, kemampuan night vision-mampu yang menggabungkan suite navigasi state -of-the-art dan sensor utama helikopter, FLIR Systems BRITE Star thermal imaging, TV, dan laser turre. Sistem ini dapat memberikan kemampuan dalam pengawasan target dan kemampuan navigasi. Helm canggih “Top Owl” juga akan dapat diintegrasikan ke dalam UH-1Y seperti halnya armada AH-1Z Viper. Selain itu, UH-1Y dilengkapi dengan radio terbaru dan kemampuan data-link. Dengan demikian, helikopter dapat digunakan sebagai platfrom perintah dan kontrol.

SURVABILITAS

Perbaikan besar telah dilakukan dari “Twin Huey” untuk membuat UH-1Y lebih survivable. Badan pesawat yang jauh kuat dari pendahulunya, komponen yang diinstal sedemikian rupa sehingga meminimalkan migrasi saat kecelakaan.

uh-1y

Dalam hal pertahanan UH-1Y dilengkapi dengan  electronic warfare and self protection suite modern yang mencakup peringatan penerima laser, radar penerima peringatan, dan sistem peringatan pendekatan rudal.

Sedangkan untuk misi, UH-1Y mampu melakukan banyak hal, komando dan kontrol (C2), pengintaian, transportasi pasukan, operasi penyisipan khusus, evakuasi medis, dukungan udara dekat, pendamping, dan logistik adalah kemampuan yang dia miliki. Untuk misi dukungan udara dia dipersenjatai dengan 7.62mm GAU-17 miniguns, 7.62 M240 machine guns atau  .50 caliber GAU-16 machine guns. Juga memiliki dua stasiun roket 70mm dengan roket 70mm dipandu laser juga akan segera diinstal.

Yang menarik UH-1Y memiliki banyak kesamaan dalam hal mesin, drivetrain, avionik, dan sistem lipat rotor yang unik dengan AH-1Z Viper yang merupakan keturunan dari helikopter serang Cobra. Hal ini meningkatkan kemudahan logistik dan memelihara kelestarian untuk kedua helikopter, terutama ketika maju dikerahkan, dan menghasilkan sinergi yang kuat. Dalam semua bagian, dua helikopter dikatakan memiliki 84 persen kesamaan. Dan yang menarik adalah AH-1 awalnya memang berasal dari UH- 1.

Video lagi

Facebook Comments