Di Sinilah, F-35 Mendapat Jubah Silumannya

Aircraft Final Finishes adalah fasilitas di mana sistem senjata paling mahal di Amerika, F-35  akan dilapisi dengan teknologi siluman yang sangat rahasia, yang membuatnya tidak terlihat radar.

“Ruangan ini adalah fasilitas pengecatan paling canggih di dunia,” kata pensiunan pilot AU dan instruktur simulasi F-35 Rick Royer mengatakan kepada Business Insider di Fasilitas Lockheed Martin di Fort Worth, Texas beberapa waktu silam

Setelah jet dirakit dan sebelum melakukan penerbangan, tiga robot dipandu laser menerapkan bahan penyerap radar atau Radar-Absorbing Material (RAM) ke F-35 Lightning II. Dan inilah beberapa hal yang bisa dibagi tentang jubah gaib F-35.

Pertama, masing-masing F-35 dirakit di fasilitas produksi di Lockheed Martin.

f-35 final

Setelah F-35 siap untuk meninggalkan lini produksi secara hati-hati pesawat dipindahkan…

f-35 final 2

Ke sebuah ruangan seluas 226.000 kaki persegi yang dikenal sebagai kompleks Aircraft Final Finishes.

f-35 final 3

Jet ditempatkan di salah satu dari dua teluk cat, di mana tiga robot dipandu laser yang diprogram untuk menyemprot RAM ke semua permukaan kecuali ekor dan berbagai bagian yang dilapisi yang disebut Robotic Component Finishing System.

f-35 final 4

Menurut laporan SAE International, proses pelapisan pertama selesai pada F-35B pada tahun 2008 dan memakan waktu tiga hari.

f-35 final 5

Fasilitas AFF Lockheed Martin melayani tujuh pesawat per bulan dan diperkirakan akan meningkat menjadi 17 jet pada tahun 2020.

f-35 final 6

Facebook Comments