For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Abrams Vs Merkava, Siapa Yang Lebih Baik?

Abrams
Abrams
Armor

Ketika M1 pertama kali diproduksi pada 1980-an, baja komposit Chobham  menjadi  sebuah terobosan dalam teknologi armor. Armor frontal M1 ini benar-benar mampu mengalahkan  rudal anti-tank yang paling awal dan terbukti tahan terhadap armor piercing 125 milimeter yang menjadi standar T-72 Irak  dalam Perang Teluk 1991.  Rusia sejak memperkenalkan amunisi 125  milimeter yang mungkin efektif terhadap baju besi M1 dalam jarak pendek.

Merkava I awal tidak mendapatkan keuntungan dari teknologi baja komposit. Sebaliknya, desain Israel menampilkan menara sangat miring yang memberi Merkava space-age sleekness.  Pelat baja miring  secara efektif tebal terhadap sebagian besar amunisi  tetapi  tergantung pada sudut pendekatan dan juga menimbulkan profil target yang lebih rendah.

Model Merkava selanjutnya kemudian menggabungkan teknologi armor baru, dan Merkava IV sekarang memiliki paket lapis baja komposit modular. Meskipun tangguh, armor Merkava IV ini masih dianggap sedikit lebih rendah daripada armor depleted -uranium milik  M1A2, yang juga telah diuntungkan dengan upgrade konstan selama bertahun-tahun.  Tank Merkava akan menghadapi masalah serius dalam hal ini jika bertarung dengan Abrams.

Merkava3dKasag001
Merkava

Namun, militer Israel jauh lebih peduli dengan ancaman rudal anti-tank canggih yang dipecat oleh pemberontak. Dalam perang di Lebanon tahun 2006,  50 Merkava II, III dan IV dihantam oleh proyektil Hizbullah dan IED,  21 yang ditembus dan enam hancur.

Rudal tersebut juga telah menjadi hantu  menakutkan pada tank M1 Arab Saudi di Yaman-meskipun harus dicatat M1 mereka memiliki armor yang lebih rendah dibandingkan dengan yang dimiliki Amerika Serikat.

Setelah konflik Lebanon, Angkatan Darat Israel memperkenalkan varian Merkava IVM Windbreaker yang memiliki kemampuan pertahanan rudal yang kuat dengan  Active Protection System (APS) Trophy, yang dapat mendeteksi rudal masuk menggunakan radar dan mencoba untuk menembak jatuh mereka dengan ledakan senapan.

Sistem ini juga memberitahukan awak tank lokasi  proyektil itu berasal, yang memungkinkan mereka untuk menembak  dengan cepat.

Trophy telah terbukti sangat efektif dalam pertempuran, menembak jatuh puluhan rudal dan roket, termasuk setidaknya satu RPG-29 dan AT-14 Kornet. Tidak ada satupun tank Merkava hilang dalam operasi tempur pada tahun 2008 dan 2014 meskipun perang pada tahun 2014 menjadi salah satu perang mahal bagi  Israel.

Angkatan Darat Amerika Serikat  tertarik mengadaptasi teknologi APS untuk tank mereka, tetapi belum memutuskan  apakah akan membeli Trophy atau mengembangkan sendiri.  Sampai  belum dilengkapi APS,  M1 akan tetap lebih rentan terhadap rudal dibandingkan tank Israel.

Merkava memiliki sejumlah elemen desain yang tidak biasa yang dirancang untuk meningkatkan survivabilitas awak. Misalnya, mesin dipasang di depan kompartemen kru sehingga bisa menjadi tameng serangn  yang masuk.

Lambung belakang juga memiliki pintu keluar kecil yang memungkinkan kru untuk menyelamatkan diri dari kendaraan dengan relatif aman, serta memfasilitasi pengangkutan personil infanteri. Bola besi yang digantung dengan rantai di belakang menara akan  meledakkan granat roket yang  untuk armor belakang yang lebih tipis.

Ada juga modifikasi untuk mengakomodasi kebutuhan dasar kru. Misalnya, Merkava menawarkan sistem pendingin udara top-notch yang cocok untuk Timur Tengah. Bahkan ada yang memiliki toilet untuk melindungi kru keluar dari tank dalam misi lama.

Pada akhirnya, Merkava IV dan M1A2 keduanya dirancang sesuai dengan doktrin nasional dan persyaratan operasional yang berbeda. Tank Amerika  dimaksudkan untuk melawan perang cepat gaya Blitzkrieg dengan tank musuh sebagai target utamanya, sementara Merkava digunakan untuk melawan pertempuran defensif dan memberikan dukungan untuk operasi-operasi di medan perkotaan dan pegunungan.

M1 mendapat keuntungan dari  teknologi tertentu yang tidak tersedia di industri Israel, terutama dalam armor  depleted uranium dan amunisi. Di sisi lain, Merkava telah lama memiliki penekanan lebih besar pada kenyamanan dan perlindungan kru.

Facebook Comments