Sebelum Tiga Tujuan Ini Tercapai, Amerika Takkan Pergi dari Suriah

Duta Besar Amerika serikat untuk PBB, Nikki Haley

Duta Besar Amerika untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan Amerika Serikat tidak akan menarik pasukannya keluar dari Suriah sampai tujuannya tercapai.

Berbicara di Fox News Sunday, Minggu 14 April 2018 Haley menyebut tiga tujuan Amerika Serikat di Suriah.

Pertama memastikan bahwa senjata kimia tidak digunakan dengan cara apa pun yang menimbulkan risiko bagi kepentingan Amerika, kedua ISIS telah dikalahkan dan ketiga memastikan apa yang Iran lakukan tidak membahayakan keamanan mereka.

“Ini adalah tujuan kami  untuk melihat pasukan Amerika pulang, tetapi kami tidak akan pergi sampai kami tahu kami telah mencapai hal-hal itu,” kata Haley sebagaimana dikutip Reuters.

Presiden Amerika Donald Trump yang pada Jumat bergabung dengan Prancis dan Inggris dalam memerintahkan serangan rudal terhadap target Suriah, telah mengirim sejumlah sinyal di Suriah.

Dia telah menjelaskan bahwa dia ingin menarik sekitar 2.000 pasukan Amerika di Suriah yang terlibat dalam kampanye anti-ISIS.

Namun dia terlihat bertentangan dengan pesan itu ketika dia mengatakan pada Sabtu bahwa sekutu Barat siap untuk “mempertahankan” respons militer jika Presiden Suriah Bashar al-Assad tidak berhenti menggunakan senjata kimia.

Ditanya tentang hubungan Amerika-Rusia, Haley mengakui hubungan kedua negara tersebut saat ini “sangat tegang.”  Tetapi Amerika Serikat masih berharap akan ada hubungan yang lebih baik antara kedua negara yang bermusuhan pada era Perang Dingin tersebut.

Facebook Comments