Membandingkan Nuklir Darat Amerika Vs Rusia

Minuteman III
Minuteman III

ICBM BERBASIS DARAT AMERIKA

Satu-satunya ICBM berbasis darat yang ada dalam pelayanan Amerika adalah LGM-30G Minuteman III. Setiap rudal membawa satu hulu ledak W87 dengan kapasitas hingga tiga ratus kiloton (meskipun dapat membawa sampai tiga hulu ledak).

Rudal terakhir diproduksi pada tahun 1978, yang berarti rudal termuda telah berusia 38 tahun. Rudal telah diupgrade berkali-kali, dan dimaksudkan untuk digunakan sampai tahun 2030.

Upaya Amerika untuk membangun sistem ICBM baru yang dikenal sebagai GBSD (Ground-Based Strategic Deterrent) tampaknya menemui jalan buntu di tingkat tahap pembahasan. Angkatan Udara AS meminta US$62,3 miliar untuk pengembangan dan memproduksi rudal baru, dan berharap menerima US$113,9 juta pada tahun 2017.

Namun, Gedung Putih tidak mendukung permintaan ini. Bahkan, banyak yang menentang ide tersebut. Perkembangan dari masalah ini  mungkin akan tergantung pada keputusan presiden baru.

Perlu dicatat bahwa pemerintah AS akan menghabiskan uang dalam jumlah yang menakjubkan pada senjata nuklir yakni  sekitar US$348 miliar pada tahun 2024, US$ 26 miliar di antaranya ditujukan untuk ICBM. Dan US$26 miliar tidak cukup untuk GBSD.

Biaya yang sebenarnya mungkin lebih tinggi, mengingat bahwa sudah sejak lama Amerika Serikat tidak memproduksi ICBM darat baru.

Rudal terbaru, LGM118A Peacekeeper, ditempatkan pada tahun 1986, tetapi semua lima puluh dari mereka dihapus dari tugas tempur secara sepihak pada tahun 2005-dan itu aman untuk mengatakan bahwa LGM118A Peacekeeper adalah peningkatan dibandingkan dengan Minuteman III, karena Peacekeeper bisa membawa sampai sepuluh hulu ledak.

Meskipun kegagalan Start II Perjanjian, yang melarang penggunaan MIRVs, Amerika Serikat menyerah dalam hal MIRV.

Kredibilitasnya hilang karena harga yang tinggi, dan skandal yang terungkap bahwa rudal yang kurang sistem bimbingan mengudara selama hampir empat tahun (1984-1988).

Di atas itu, produsen rudal mencoba untuk menyembunyikan keterlambatan pengiriman-semua sementara Perang Dingin hendak berakhir.

NEXT: ICBM BERBASIS DARAT RUSIA  
Facebook Comments