Apa Sebenarnya Senjata Api Itu? Bagaimana Dia Bekerja? Dan Apa Saja Jenisnya?

Senapan M4

Jenis Senjata Api

Ada banyak jenis senjata yang beredar saat ini, namun bisa dibagi menjadi dua kategori utama yakni senjata laras panjang termasuk senapan dan pistol, termasuk revolver dan pistol. Sebagai aturan umum, senjata api panjang menggunakan kaliber besar dan dimaksudkan untuk dioperasionalkan dengan mengggunakan bantuan bahu.

Pistol adalah senjata kaliber lebih kecil dengan barel lebih pendek, dan dimaksudkan untuk ditembakkan menggunakan satu atau kedua tangan.

Mari kita bicara tentang beberapa jenis senjata yang paling umum:

Senjata bolt action

Bolt action rifles

Bentuk senjata api yang paling sederhana hari ini, senapan bolt action dipecat dengan mendorong maju baut secara manual, menarik pelatuknya, menarik kembali baut untuk melepaskan kartrid kosong, dan mendorong baut ke depan lagi untuk memuatkan kartrid baru. Karena sifatnya yang manual, senjata bolt action akurat namun lambat ditembakkan. Senjata bolt action menampung antara empat dan sepuluh peluru di magazine internal atau dilepas. Contoh senapan bolt action rifles termasuk Remington 700 dan Howa 1500.

Lever action rifles

Lever action rifles

AR 15

Senapan ini berasal dari abad ke 19 dan sering terlihat di film-film Barat. Cara kerjanya dengan menarik tuas yang menempel pada senapan, mengisi peluru baru, dan menarik pelatuknya setelah itu menarik tuas lagi mengeluarkan kartrid kosong dan mengisi dengan yang baru. Posisi tuas membuatnya lebih cepat terbakar daripada senapan bolt action. Contoh modern termasuk Winchester 94 dan Marlin 336.

Seorang wanita membawa senjata AR-15

Semi-automatic rifles

Senapan semi otomatis bisa sangat bervariasi, namun ciri utamanya adalah setiap melepas satu peluru maka akan secara otomatis memuat peluru baru. Senjata ini kadang-kadang disebut senjata “otomatis”, namun dalam kasus ini istilah tersebut mengacu pada pengisian peluru, bukan penembakan.

Proses pemuatan otomatis biasanya melibatkan daur ulang beberapa gas mesiu gunpowder atau momentum dan menggunakannya untuk mengeluarkan kartrid kosong dan memuat yang baru. Banyak senapan semi otomatis memiliki magazine eksternal yang memiliki lima sampai 30 putaran, yang dapat diubah dengan cepat untuk memuat ulang senjatanya. Contoh senapan semi-otomatis termasuk senapan AR-15 dan Browning BAR.

Perhatikan perbedaan penampilan keduanya:

shootgun

Shotguns

Adalah senapan laras besar yang membakar pelet baja atau timbal kecil dalam jumlah yang besar. Tembakan itu terbang dari laras dalam pola berbentuk kerucut sempit.

Penyebaran ini membantu si penembak dalam memukul binatang, terutama yang sedang terbang, seperti bebek. Ukuran tembakan bervariasi, dengan birdshot lebih kecil yang cenderung membunuh atau melumpuhkan manusia, sementara tembakan yang lebih besar lebih berguna untuk pertahanan rumah.

Senapan senapan bisa menjadi senjata tembakan tunggal, memompa senjata aksi di mana satu ruang pompa berputar, dan semi otomatis. Contoh senapan termasuk Mossberg 500 dan Remington 870.

Revolver

Revolver

Sering terlihat di film koboi, revolver adalah senapan multi-shot pertama, menyimpan hingga tujuh peluru di sebuah silinder bergulir yang menyatu dengan laras senapan dan mekanisme penembakan (termasuk firing pin). Dalam revolver modern, satu tarik pemicu memajukan silinder ke kartrid baru, menarik kembali hammer, dan melepaskan hammer untuk memukul pin penembakan. Revolver modern dianggap senjata semi otomatis. Contohnya termasuk Smith & Wesson Model 686 dan Ruger GP100.

Pistol

Pistol

Pistols adalah senjata api yang tidak menggunakan silinder berputar. Meskipun ada beberapa pistol pistol tunggal, kebanyakan pistol hari ini adalah senapan semi otomatis yang mengisi peluru dari magazine yang bisa dilepas yang ada di genggamannya.

Tidak seperti revolver yang biasanya terbatas pada enam atau tujuh putaran, pistol modern dapat membawa hingga 17 peluru di magazinnnya. Contohnya termasuk Glock 17 dan Army Motte Modular Handgun System yang baru, yang juga dikenal sebagai Sig P320.

Senjata Semiotomatis dan Otomatis

Istilah “semiotomatis” akhir-akhir ini banyak beredar karena banyak pembunuh yang melakukan penembakan massal di Amerika menggunakan senjata semi otomatis seperti AR-15. Senjata semi-otomatis menembakkan satu peluru pada setiap tarikan pelatuk sampai magazine kosong.

Sementara senjata otomatis akan memecat beberapa peluru selama pemicunya tertekan sampai magazine kosong. Senjata semi-otomatis benar-benar legal di seluruh 50 negara bagian Amerika. Sementara senjata otomatis langka dimiliki sipil dan diatur dengan ketat.

Facebook Comments