For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Ide Aneh Inggris Yang Frustrasi Melawan U-Boat Jerman

Setiap kali senjata baru muncul, semua aturan bisa ditulis ulang. Dan kerap kali rencana yang disusun cukup bahkan sangat aneh.  Demikian juga ketika Jerman meluncurkan kapal selam U-Boat yang sangat menakutkan. Inggris pun menyusun sejumlah rencana aneh bahkan gila untuk membunuh kapal selam ini.

  1. Melatih Camar untuk Membutakan Periskop

camar

Tidak ada penjelasan tentang bagaimana burung-burung camar akan dilatih untuk melakukan hal ini. Laksamana Sir Frederick Inglefield, kepala semua kapal patroli meyakini camar akan bisa membuang air besar di periskop kapal selam jika dilatih dengan benar. Kapal selam yang buta kemudian akan dipaksa ke permukaan atau mencoba untuk melarikan diri.

2.Palu dan Tas

ca u boatInggris mencoba untuk menghentikan ancaman kapal selam dengan kapal motor patroli. Ada ratusan perahu ini dengan masing-masing setidaknya memBawa dua awak. Perahu akan melakukan patroli di wilayah dekat pantai untuk mencari periskop.

Jadi, jika kru melihat periskop, mereka seharusnya untuk menyelinap mendekat. Kemudian dua kru turun dari kapal dan berenang mendekat. Satu orang membawa tas kanvas dan menutup periskop dengan cat untuk membutakan kapal selam. Sementara kru  yang lain menggunakan palu akan memukul sekeras-kerasnya untuk menghancurkan periskop.

3.Menusuk Lambung Kapal

ca u boatTidak ada catatan Inggris pernah mencoba metode ini, tetapi seseorang mengusulkan ke Royal Navy untuk memilih beberapa perenang yang sangat kuat.

Ketika kapal selam terlihat perenang ini bisa berenang ke lambung dan mencoba untuk memukul dengan palu runcing, menusuk lambung dan menenggelamkannya.

4. Melatih Burung dan Singa Laut

camar lautSebagai upaya untuk lebih cepat mengidentifikasi kapal selam, Angkatan Laut Inggris berusaha untuk melatih burung-burung camar dan singa laut untuk mengejar periskop.

Pelatihan ini dilakukan dengan membuat tiruan periskop dari makanan yang disuka binatang tersebut. Burung dilatih di laut terbuka sementara singa laut dari dilatih di kolam milik Angkatan Laut.

5. Menutupi Laut dengan Cat

ca u boatIni seharusnya bekerja dalam dua cara. Pertama, ketika kapal selam memunculkan periskok ke permukaan maka akan langsung diselimuti cat dan membutakan mereka. Kedua, cat yang digunakan adalah warna hijau yang mungkin membingungkan kapten kapal selam karena seolah masih ada di dalam air sehingga kapten terus memerintahkan kapal naik ke permukaan sehingga seluruh badan kapal akan terlihat.

Tidak diketahui apakah taktik aneh pernah dicoba. Tetapi jika dilakukan pastilah Inggris harus memiliki begitu banyak cat hijau untuk menutupi garis pantai Inggris yang memiliki panjang 19.491 mil.

Sumber: We Are The Mighty

Baca juga:

Melihat Jantung Kapal Selam U-Boat

Facebook Comments