For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

UH-60 Blackhawk Justru Bisa Merusak Kemampuan Angkatan Udara Afghanistan

Sebuah UH-60 Black Hawk Afghanistan diturunkan dari C-17 Globemaster III di Kandahar Air Field, Afghanistan 18 September 2017/ USAF

Amerika Serikat melatih Tentara Nasional Afghanistan (ANA) dengan melihat dirinya sendiri, mendorong ketergantungan pada enabler tempur – dukungan udara jarak dekat, evakuasi medis, intelijen, dan pengintaian – yang bagi ANA adalah hal yang sangat berat dikuasai.

Pada Februari 2016, Jenderal Angkatan Darat John F. Campbell, yang kemudian memimpin misi Amerika dan NATO di Afghanistan, bersaksi di Kongres: “Salah satu tantangan taktis terbesar bagi pasukan keamanan Afghanistan adalah mengatasi kemampuan angkatan udara udara yang sangat terbatas.”

Tugas untuk mengembangkan kemampuan pasukan keamanan Afghanistan cukup menantang dan menambahkan sistem baru hanya akan mempersulit upaya ini.

Keputusan Amerika untuk menggantikan sistem Rusia bersifat politis, tidak operasional. Kongres menghentikan pembelian Mi-17 pada tahun 2013 sebagai tanggapan atas keterlibatan Rusia di Suriah dan juga Ukraina.  Presiden Obama selanjutnya membatasi penjualan senjata Rusia sebagai reaksi atas agresi Rusia di Ukraina.

Meski Amerika Serikat bisa membatasi pengaruh Rusia, melakukannya dengan melalui pengadaan pesawat di Afghanistan adalah sebuah kesalahan. Dalam upaya untuk menghukum Rusia melalui perubahan pengadaan Amerika mempertaruhkan keamanan Afghanistan, sebuah hadiah yang jauh lebih besar dari perspektif Rusia.

Bahkan jika Amerika Serikat memutuskan tidak dapat membeli sistem era Soviet dari perusahaan Rusia, mereka tersedia di negara-negara ketiga.

Pasukan Afghanistan akan lebih baik menggunakan sistem Rusia. Pasukan Afghanistan tahu bagaimana cara mengoperasikan dan memperbaikinya, dan mereka menyelesaikan pekerjaan. Mantan Menteri Pertahanan Chuck Hagel mengatakan:

“Mereka telah menggunakannya selama bertahun-tahun. Pemeliharaan mudah, tidak canggih. Kita bisa mendapatkannya dengan cukup cepat. Itulah yang mereka inginkan. ”

 

Facebook Comments