For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Rusia ke Amerika: Ingat, Anda di Suriah itu Tanpa Izin, Jadi Tidak Boleh Tinggal

Pasukan Amerika di Suriah

Rusia menegaskan Pasukan Amerika tidak boleh lagi tinggal di Suriah tanpa persetujuan dari Damaskus karena hal ini dapat berdampak negatif terhadap Kongres Dialog Nasional Suriah yang akan datang.

“Posisi kami jelas, pasukan Amerika tidak boleh lagi tinggal di wilayah negara berdaulat tanpa persetujuan dari pemerintahnya, hal itu dapat berdampak negatif terhadap kongres, dan kami berharap bahwa Amerika Serikat, sebagai anggota tetap Dewan Keamanan [PBB], akan mengirim perwakilannya ke Dorum Sochi dalam status pengamat, ” kata utusan khusus Rusia untuk Suriah Alexander Lavrentyev Sabtu 20 Januari 2018.

Sikap serupa diungkapkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Jaberi mengenai kemajuan Turki di Afrin. Menteri menjelaskan posisi Iran mengenai masalah ini, sebagai penjamin penyelesaian perdamaian di Suriah.

“Perkembangan di wilayah Suriah, tentu saja, dapat mempengaruhi kongres secara negatif atau positif Kami berharap penjamin membawa ini ke dalam pertimbangan dan menciptakan atmosfir yang menguntungkan. Setiap tindakan militer yang mungkin memiliki dampak negatif atau positif. Pada kongres Sochi harus diatur dengan benar oleh penjamin. Kami berharap operasi semacam itu tidak akan berlangsung, ” kata Ansari.

Pernyataan tersebut dibuat setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan peluncuran operasi melawan milisi Kurdi di wilayah Afrin Suriah.

Lavrentyev mengatakan Kongres Dialog Nasional Suriah yang akan datang akan berlangsung pada 29-30 Januari di kota Sochi di Rusia.

“Saya pikir pertemuan tersebut berhasil, kami telah berhasil menyepakati daftar peserta forum ¬†peserta kongres akan menerima undangan tersebut,” kata Lavrentyev kepada wartawan setelah berkonsultasi dengan perwakilan Iran dan Turki mengenai organisasi Kongres tersebut.

Dia menyatakan bahwa Moskow mengharapkan partisipasi pihak Amerika dalam kongres Sochi sebagai pengamat.

“Kami sangat ingin agar perwakilan PBB berada di forum Sochi di tingkat tertinggi. Kami berharap Sekretaris Jenderal PBB ¬†akan mengirim utusan khususnya [untuk Suriah] Staffan de Mistura di sini, yang akan berpartisipasi aktif dalam pembukaan forum, ” kata Lavrentyev.

Facebook Comments