Takut Jadi Alat Mata-Mata, Pangkalan US Army Ganti Kamera Keamanan Buatan China

Pangkalan Angkatan Darat Amerika Serikat di Missouri telah mengganti semua kamera buatan China menyusul kekhawatiran bahwa perangkat tersebut digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap militer Amerika.

Fort Leonard Wood menurunkan lima kamera yang diproduksi Hangzhou Hikvision Digital Technology Co. yang digunakan untuk memantau jalan dan tempat parkir di pangkalan militer.  Wall Street Journal melaporkan pemerintah China memiliki 42 persen saham di perusahaan tersebut.

Pihak militer sendiri tidak percaya bahwa kamera tersebut mempresentasikan potensi Beijing untuk melakukan pengawasan dan mengumpulkan intelijen. “Kami tidak pernah percaya [kamera] adalah risiko keamanan,” kata Kolonel Christopher Beck, kepala staf pangkalan tersebut, karena “mereka selalu berada di sirkuit tertutup.”

Namun Angkatan Darat mengganti kamera Hikvision untuk “menghilangkan persepsi negatif” tentang kamera setelah laporan muncul tentang penggunaannya. “Tidak lama lagi kamera ini mencakup aset keamanan tinggi atau berisiko tinggi,” kata Beck sebagaimana dilaporkan Wall Stret Journal Jumat 12 Januari 2018.

Hikvision mengatakan bahwa produk yang diproduksi dan didistribusikan di seluruh dunia memenuhi standar tertinggi tidak hanya kualitas tetapi juga keamanan. “Kami menjamin produk kami,” kata juru bicara perusahaan.

Kongres Amerika dijadwalkan mengadakan sidang pada akhir Januari ini untuk melihat lebih dekat potensi ancaman yang ditimbulkan oleh kamera keamanan buatan luar negeri.

“Anda memiliki perusahaan di sini, Hikvision, di mana pemerintah China memiliki kepentingan pengendalian yang besar, membuat sebagian besar kamera pengintai di dunia,” kata anggota Kongres Steve Chabot.

“Ini adalah kekhawatiran signifikan bahwa Beijing dapat menggunakan kamera ini untuk memata-matai kita,” Chabot menambahkan, tanpa mengutip bukti spesifik untuk mendukung klaim tersebut.

Hikvision memiliki pangsa pasar kamera keamanan terbesar dibandingkan daripada perusahaan lain di dunia pada tahun 2016. Mereka menjual kamera keamanan CCTV analog , kamera keamanan jaringan dan perekam.

Facebook Comments