For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Air Horse One, Selamat Datang di Pesawat Khusus Kuda Mahal

Awak kabin maskapai ini tak perlu berdandan cantik, tak perlu juga repot-repot harus menyampaikan prosedur keselamatan penerbangan kepada para penumpang sebelum pesawat lepas landas.

Kenapa? Karena penumpangnya adalah binatang. Ya, maskapai Tex Sutton bisa disebut sebagai Air Horse One sebuah yang secara khusus digunakan untuk menerbangkan kuda mahal. Menggunakan pesawat 727-200 mereka membawa kuda-kuda pacu yang mahal ke berbagai tempat.

air-horse-one-2

Fed Ex, UPS dan penerbangan komersial sebenarnya telah membawa kuda dan binatang lainnya sebagai kargo, tetapi Tex Sutton beda. Perusahaan ini menjadi langganan bagi kuda juara yang harganya super mahal.

air-horse-one-3232

Perusahaan ini pertama membawa kuda pemenang Kentucky Derby dan kuda berharga lainnya melalui udara pada tahun 1969 dan merupakan satu-satunya perusahaan transportasi kuda yang berbasis di AS yang menggunakan pesawat khusus untuk melakukannya.

air-horse-one-4

Harga tiketnya justru jauh lebih mahal dibanding penumpang manusia yakni sekitar US $ 5.000 untuk satu kali perjalanan.

Mike Payne, manajer operasi Tex Sutton, menjelaskan bahwa untuk membawa kuda masuk ke pesawat menggunakan trailer dan kemudian kuda berjalan melalui jalur khusus yang tidak menyentuh bumi dengan dinding pembatas tinggi.

air-horse-one-3

Di dalam pesawat mereka memiliki kabin khusus yang diatur dua atau tiga di dalam pesawat. Seperti layaknya selebritis kuda mendapat piagam penerbangan dari pesawat.  Air Horse One membawa 18 sampai 20 kuda per penerbangan.

Untuk membuat penumpang mereka tidak panic, pilot Air Horse One harus membuat tikungan lebar dan pendakian dan penurunan ekstra-lembut.

air-horse-one-34

Seperti ambulans udara dan Air Force One, di bandara di seluruh negeri Air Horse One sering mendapat preferensi ketika tiba saatnya untuk mengambil off.

“Suatu kali di Houston, ada 20 atau 25 pesawat di depan kami dan itu sangat panas,” kata Payne. “Kapten mengatakan ke menara” Kami memiliki banyak kuda dan kami harus keluar dari Dodge cepat’ dan mereka menyuruh kami keluar dari sana menuju taxiway paralel melewati semua pesawat-pesawat yang harus antre untuk terbang. ”

Meski Air Horse One didominasi mengangkut kuda, Payne mengatakan maskapai baru-baru juga mengangkut sapi mini seberat 40-pon dan lima lumba-lumba.

Meski Tex Sutton baru mengangkut kuda melalui udara sejak tahun 1969, segala macam hewan sebenarnya telah bepergian dengan pesawat terbang dalam waktu lebih lama lagi.

KLM Royal Dutch Airlines sudah mengangkut lebah dan anak ayam pada tahun 1923, namun pada tahun 1924 mereka menjadi maskapai komersial pertama yang mengangkut hewan hidup besar ketika terbang Nico, banteng jantan  dari Rotterdam ke Paris.

air-horse-one-3423

Pada tahun 1948, ketika The Hague sedang merayakan tonggak utama, ibukota Swiss, Bern mengirim dua bayi beruang  via KLM  sebagai hadiah.

Hari ini, KLM memiliki “Animal Hotel” di Amsterdam Schiphol Airport yang menjadi salah satu tempat menginap hewan paling modern di dunia.

Sumber: USA Today

Facebook Comments