Korea Utara Uji Rudal Amerika Kirim Kapal Induk, Saat Pyongyang Mau Berunding Juga Kirim Kapal Induk

USS Carl Vinson

Amerika Serikat memang aneh. Saat Korea Utara melakukan uji penembakan rudal atau nuklir mereka mengirim kapal induk untuk memberi ancaman. Kini ketika Pyongyang bersedia untuk berunding dengan Seoul, Washington pun juga mengirimkan kapal induk. Apa maunya?

Kapal induk USS Carl Vinson Angkatan Laut Amerika bergerak menuju ke Pasifik Barat bersama kelompok tempurnya menjelang perundingan Korea Utara dan Korea Selatan di desa gencatan senjata Panmunjom Selasa 9 Januari 2018.

Kapal induk bertenaga nuklir tersebut meninggalkan homeport-nya di San Diego pekan lalu yang menurut Angkatan Laut Amerika diklaim sebagai “penyebaran yang telah dijadwalkan secara rutin.”

“Penyebaran menandai untuk kedua kalinya kelompok tempur Carl Vinson akan beroperasi di seluruh wilayah Indo-Pasifik di bawah komando dan kendali Armada ke-3 Amerika,” kata Angkatan Laut dalam pengumumannya Minggu 7 Januari 2018.

Beberapa waktu lalu Vice Adm Joseph Aucoin dari Angkatan Laut Amerika mengatakan bahwa aset bergerak dari Armada ke-3 ke wilayah Indo-Pasifik didorong oleh fakta bahwa “ada kemungkinan pertemuran akan terjadi malam ini di Semenanjung Korea. ”

Pyongyang dan Seoul membuka kembali saluran komunikasi pada 3 Januari untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun terakhir.

“Selain Olimpiade masalah lain mungkin akan dibahas jika memungkinkan, tapi kami tidak dapat meramalkan apa yang akan terjadi selama perundingan,” kata seorang juru bicara pemerintah Korea Selatan kepada wartawan, Senin 8 Januari 2018.

Facebook Comments